facebook

4 Alasan Sidang Skripsi Sebetulnya Tidak Terlalu Menakutkan, Pasti Bisa!

Dhelvin Agung
4 Alasan Sidang Skripsi Sebetulnya Tidak Terlalu Menakutkan, Pasti Bisa!
Ilustrasi sidang skripsi (Pexels.com/RODNAE Productions)

Mahasiswa tingkat akhir harus melakukan sidang skripsi untuk mendapatkan gelar sarjana di universitas. Namun, sebagian mahasiswa menganggap bahwa sidang skripsi adalah hal yang cukup menakutkan, maka tidak banyak juga mahasiswa yang malas untuk mengerjakan skripsi.

Akan tetapi, jika kamu benar-benar mengerjakan penelitianmu itu dengan serius, sidang skripsimu pasti akan terasa mudah. Sebab dosen penguji akan memberikan pertanyaan hanya tentang seputar penelitian yang kamu kerjakan saja.

Berikut ini 4 alasan sidang skripsi sebetulnya tidak terlalu menakutkan.

1. Kamu Lebih Menguasai Materi

Dalam melakukan sidang skripsi sebenarnya kamu tidak perlu merasa takut, sebab yang menyusun penelitianmu itu diri kamu sendiri. Jadi ketika dosen penguji memberikan sebuah pertanyaan, kamu harus bisa dengan percaya diri menjawabnya dengan detail. Dengan begitu, dosen penguji akan menganggap bahwa kamu mengerjakan penelitian dengan serius, karena kamu lebih menguasai materi daripada dosen penguji.

2. Pertanyaan Dosen Penguji Diambil dari Penelitianmu

Mungkin kamu berpikir bahwa saat sidang kamu akan diserang dengan pertanyaan-pertanyaan yang begitu sulit dari dosen penguji. Namun semua itu salah, sebab dosen penguji dalam memberikan pertanyaan itu diambil dari penelitianmu. Jadi kamu hanya cukup mempelajari penelitian yang kamu kerjakan selama ini, jika kamu berhasil mempelajarinya. Kamu akan dengan mudah menjawab semua pertanyaan dosen penguji.

3. Pertanyaan Dosen Penguji Akan Memperbaiki Penelitianmu

Saat kamu sudah selesai mempresentasikan penelitianmu di depan dosen penguji, kamu akan mendapatkan kritik mengenai hal yang kurang dari penelitianmu. Hal ini beliau lakukan karena ingin memperbaiki penelitian dengan wawasan yang beliau miliki. Maka dari itu, kamu tidak perlu merasa takut.

4. Ada Kesempatan Revisi

Dalam mengerjakan penelitian skripsi pasti tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, pada saat setelah sidang, sedikit atau banyak dosen penguji pasti akan memberikan revisi. Namun kamu hanya merevisi yang perlu di revisi saja tidak perlu melakukan sidang ulang.

Itulah empat alasan sidang skripsi sebetulnya tidak terlalu menakutkan. Rasa cemas dan khawatir bisa diatasi dengan mempelajari penelitianmu, agar saat sidang kamu bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh dosen penguji.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak