facebook

5 Aktivitas Menyenangkan saat Liburan Bersama Keluarga!

Shafira Candra Dewi
5 Aktivitas Menyenangkan saat Liburan Bersama Keluarga!
Ilustrasi liburan keluarga.[Pexels.com/Elina Sazonova]

Dalam setahun kita pasti akan menjumpai yang namanya liburan panjang. Liburan akan sangat menyenangkan jika dilalui bersama keluarga maupun teman-teman. Namun, menikmati waktu liburan tidak harus dengan pergi ke tempat-tempat wisata. Adakalanya kita bisa mengisi jatah libur kita tersebut untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Tentunya low budget dan ramah lingkungan.

Langsung saja, berikut 5 aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga selama liburan.

1. Menanam tanaman

menanam tanaman
menanam tanaman

Menanam tanaman di rumah bersama keluarga menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Stres di pikiran pun perlahan terlupakan sejenak saat menanam tanaman serta merawatnya setiap hari. Apalagi menanam tanaman yang berwarna hijau yang mempunyai kesan me-refresh otak.

Seluruh anggota keluarga bahu-membahu dalam setiap proses penanaman, mulai dari menyiapkan alat dan bahan seperti pot, tanah, pupuk, tanaman dan air, hingga proses yang terakhir yakni pemberian pupuk dan penyiraman tanaman. Tanaman yang ditanam disekitar rumah itu sangat bagus untuk dipandang, sehingga tidak ada salahnya kamu mencoba aktivitas tersebut saat liburan bersama keluargamu!

2. Membuat kue

Ilustrasi membuat kue
Ilustrasi membuat kue.[Pexels.com]

Selain menanam, membuat kue bersama keluarga juga bisa kamu coba untuk mengisi waktu liburanmu saat kamu mager keluar rumah. Tanpa harus kemana-mana kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membuat kue bersama ibu atau saudaramu. Jika kamu masih belum mendapat ide, coba tonton video memasak kue di YouTube. Apabila ternyata kue yang kamu buat enak  kamu bisa menjualnya ke teman-temanmu atau ke marketplace, bisa jadi ide usaha!

3. Menonton film

Ilustrasi menonton film
Ilustrasi menonton film.[Pexels.com]

Menonton film merupakan aktivitas yang menyenangkan dilakukan bersama banyak orang. Nah, tidak ada salahnya kamu dan keluargamu mengisi waktu liburan di rumah dengan menonton film. Memanfaatkan TV digital yang kini telah menjangkau siaran televisi yang lebih luas juga dapat kamu manfaatkan untuk menonton film keluarga. Bisa juga jika kamu takut menonton film horror sendiri, kamu bisa bersama-sama menontonnya dengan keluargamu. Pasti seru!

4. Membersihkan rumah

Ilustrasi membersihkan rumah
Ilustrasi membersihkan rumah.[Pexels.com]

Momen liburan juga bisa kamu isi bersama keluargamu dengan membersihkan rumah. Jika kamu pada hari-hari biasa tidak sempat membersihkan rumah, liburan menjadi waktu yang tepat untuk melakukannya. Misalnya saja membereskan barang-barang lama maupun merapikan buku-buku.

5. Karaoke di rumah

Ilustrasi karaoke di rumah
Ilustrasi karaoke di rumah.[Pexels.com]

Jaman sekarang, melalui aplikasi YouTube saja kita sudah bisa berkaraoke ria di rumah tanpa harus ke tempat karaoke. Bernyanyi di rumah bersama keluarga menjadi aktivitas yang menarik untuk dicoba, hanya memanfaatkan jaringan WiFi saja asalkan jangan sampai mengganggu tetangga ya.

Sekian 5 aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga selama liburan agar waktu liburan tidak terbuang sia-sia dan ada nilainya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak