facebook

3 Tips Belanja Baju Lebaran, Cek Lemarimu Segera

Meliana Aryuni Aryuni
3 Tips Belanja Baju Lebaran, Cek Lemarimu Segera
ilustrasi pakaian (pexels.com)

Banyak orang mengidentikan lebaran dengan berpakaian baru dan bagus, tetapi pemikiran seperti itu sudah lama hilang di dalam diri saya. Tepatnya, saat saya sudah mulai menyukai buku. Saya lebih suka menggunakan uang baju untuk membeli buku. Lalu, ketika lebaran pakai baju apa?

Di keluarga saya, sebelum puasa berakhir pasti diberi jatah uang baju dari orangtua. Namun, saya selalu mikir dua kali kalau disuruh beli baju. Baju-baju pergi yang lama masih ada dan baru dipakai sekali atau dua kali saja. Sayang sekali kalau baju-baju itu dipakai hanya sesekali saja, kan?

Oleh karena itu, saya tidak malu untuk memakainya. Toh, uang baju saya bisa dibelikan buku. Jika saya mau membeli baju, maka saya akan melakukannya jauh sebelum lebaran dengan syarat tidak ada pemubaziran dalam jumlahnya.

Berikut 3 tips belanja baju lebaran.

1. Periksa Lemari Pakaian

ilustrasi pakaian (pexels.com)
ilustrasi pakaian (pexels.com)

Kedua, jika mau membeli pakaian, usahakan dilakukan jauh sebelum lebaran karena menjelang lebaran harganya pasti naik.Berikut tips yang bisa dilakukan bila ingin membeli baju lebaran. Pertama, periksa kembali lemari pakaian kita. Lalu, perhatikan pakaian mana yang layak dipakai dihari raya. Jika memang masih ada yang layak, maka kita bisa memakainya saat lebaran nanti. Bila tidak, maka sediakan anggaran untuk membeli yang baru.

2. Lakukan Sebelum Lebaran

ilustrasi pakaian (pexels.com)
ilustrasi pakaian (pexels.com)

Kedua, jika mau membeli pakaian, usahakan dilakukan jauh sebelum lebaran karena menjelang lebaran harganya pasti naik. Kenaikan harga pakaian mendekati lebaran bisa bikin jantungan. Harganya kadang terkesan sangat tidak wajar sehingga ada baiknya untuk melakukannya pembelian pakaian sebelum Idul Fitri.

Pemberian diskon secara besar-besaran oleh toko kadang sering memicu reaksi untuk membeli. Namun, perhatikan harga yang di up kadang sangat tidak realistis. Jangan terpengaruh dengan kata-kata diskon yang sering menjebak seseorang berbelanja sesuatu yang tidak dibutuhkan.

3. Beli Bukan untuk Pamer

ilustrasi pakaian (pexels.com)
ilustrasi pakaian (pexels.com)

Ketiga, jangan membeli baju dengan maksud pamer. Belilah baju yang warnanya tidak mencolok dan tidak terlihat mewah karena tidak semua orang memiliki kelebihan harta seperti kita. Buat budget dan rencana sebelum belanja. Beli baju sesuai badget tersebut. Jangan sampai harga baju melebihi budget yang ada. Bisa gawat itu.

Di atas semua itu ucapkan rasa syukur sebanyak-banyaknya kepada Allah bahwa berhasil melewati ramadan ini dan bisa berhari raya bersama keluarga.

Jadi, meskipun belum ada atau tidak ada baju baru, lebaran tetap lewat di depan rumah kita. Lalu, sambut kehadirannya dengan kegembiraan yang tak terkira. Silaturrahim ke sanak keluarga atau tetangga terdekat jangan lupa, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak