facebook

Selain Tidak Memotongnya, Ini 4 Tips Menghargai Orang yang Sedang Berbicara

Dhelvin Agung
Selain Tidak Memotongnya, Ini 4 Tips Menghargai Orang yang Sedang Berbicara
Ilustrasi wanita sedang berbicara. (pexels / EKATERINA BOLOVTSOVA)

Dalam mendengarkan orang yang sedang berbicara. Terkadang kamu melakukan perbuatan sesuka hatimu, tanpa memikirkan perasaan orang yang sedang berbicara denganmu. Hal yang kamu lakukan adalah bentuk dari tidak menghargai. Oleh karena itu, mulai saat ini kamu harus bisa menghargai orang yang sedang berbicara, agar orang tersebut nyaman dalam menyampaikan apa yang ingin dia bicarakan.

Berikut ini 4 tips menghargai orang yang sedang berbicara.

1. Tidak Memotongnya

Untuk menghormati orang yang sedang berbicara, kamu tidak boleh memotongnya. Biarkan dia berbicara sampai selesai, sehingga apa yang ingin dia bicarakan tersampaikan semua. Ketika sudah selesai, kamu boleh menanyakan sesuatu yang belum kamu pahami. Dengan begitu, dia akan merasa puas dalam menyampaikannya, sebab kamu menghargai dia saat sedang berbicara, dengan cara tidak memotongnya.

2. Jangan Mengabaikannya

Ketika ada orang sedang berbicara dengan kamu. Namun, kamu mengabaikan dia. Maka dia akan merasa tersinggung oleh perbuatanmu. Sebab dia akan menganggap bahwa kamu tidak suka dengan apa yang dibicarakannya. Bukan hanya itu, perbuatan yang kamu lakukan juga menunjukkan sikap tidak menghargai dia. Maka dari itu, jangan pernah sekali-kali mengabaikan orang yang sedang berbicara, sebab hal tersebut bisa membuat dia merasa sakit hati.

3. Dengarkan dengan Baik

Dia akan merasa senang dan nyaman berbicara ketika kamu mendengarkan dia dengan baik. Hal ini menunjukkan jika kamu menghargai apa yang dibicarakan. Bukan hanya itu, dengan kamu mendengarkan dia dengan baik, akan membuat kamu bisa menerima informasi atau poin penting dari apa yang dia bicarakan.

4. Hindari Mengganti Topik

Saat dia sedang berbicara, namun topik yang dia bicarakan tidak kamu sukai. Sebaiknya, kamu diam dan dengarkan saja. Hindari untuk mengganti topik yang sesuai dengan kamu sukai. Sebab, jika kamu mengganti sesuka hatimu tanpa memperdulikan dia saat berbicara. Maka, perbuatan yang kamu lakukan itu bentuk tidak menghargai dia sedang berbicara.

Itulah empat tips menghargai orang yang sedang berbicara. Hal ini memang terlihat sepele. Akan tetapi, jika kamu berhasil menerapkannya, bisa membuat pribadi kamu menjadi lebih baik lagi. Karena kamu bisa menghargai orang yang sedang berbicara.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak