facebook

Terlalu Banyak Baju di Lemari? Manfaatkan dengan 3 Cara Ini

Dream Praire
Terlalu Banyak Baju di Lemari? Manfaatkan dengan 3 Cara Ini
ilustrasi membereskan lemari pakaian (Pexels.com/Cottonbro)

Saat membereskan lemari pakaian, kadang-kadang  sudah sangat penuh dan sering menjadi berantakan karena sulit dirapihkan. Jika itu terjadi, mungkin kamu memiliki terlalu banyak pakaian. Bisa saja kamu sering membeli pakaian dan tanpa disadari jumlahnya bertambah dengan cepat dan membuat sesak lemari pakaianmu.

Coba periksa kembali, apakah banyak pakaian di lemari kamu yang sudah lama tidak kamu gunakan. Mungkin ini saatnya memilah-milah semua isi lemari kamu agar isinya tidak teronggok mubazir. Kamu bisa memanfaatkannya dengan berbagai cara.

1. Jual

ilustrasi memilah pakaian (Pexels.com/ Mart Production)
ilustrasi memilah pakaian (Pexels.com/ Mart Production)

Untuk jenis pakaian tertentu yang bernilai cukup tinggi namun kamu sudah tak membutuhkannya, kamu bisa menjualnya sebagai barang preloved. Sekarang ini cukup banyak peminat pakaian jenis preloved. Kamu bisa menjual pakaian preloved dengan harga yang tentu saja di bawah harga beli. Tentukan nilai pakaianmu, jangan menjualnya terlalu mahal.

Kamu bisa menjualnya dengan membuat garage sale atau secara oniline dengan memanfaatkan media sosial. Kamu juga bisa menjualnya dengan menyebarkan informasi melalui teman-teman kamu.

2. Sewakan

ilustrasi memotret pakaian (Pexesl.com/ Liza Summer)
ilustrasi memotret pakaian (Pexesl.com/ Liza Summer)

Untuk jenis pakaian dengan model yang khusus dan tidak dipakai untuk keseharian kamu bisa menyewakannya. Misalnya pakaian yang digunakan dalam even-even tertentu seperti pakaian pesta, kostum atau busana daerah.

Kategorikan baju-baju yang akan kamu sewakan sesuai dengan peruntukkannya. Rapikan lalu buatlah foto produk dan posting ke media sosial. Sertakan penjelasan tentang pakaian dan cantumkan harga sewa.

Semakin banyak informasi  tentang usaha kamu ini menjangkau orang-orang, akan semakin  besar peluang kamu memperoleh calon penyewa.

3. Donasikan

ilustrasi mengemas pakaian (Pexels.com)/ Karolina Grabowska
ilustrasi mengemas pakaian (Pexels.com)/ Karolina Grabowska

Untuk pakaian-pakaian sehari-hari kamu yang masih layak pakai , bisa kamu donasikan . Bisa saja kamu berikan kepada sanak saudara atau siapa saja yang membutuhkan. Jika kamu tak tahu pasti siapa yang akan kamu beri, kamu bisa membawanya ke lembaga-lembaga atau yayasan sosial yang akan menyalurkannya kepada pihak yang membutuhkan. Walaupun ini dalam bentuk donasi, sebaiknya kamu tetap mengemasnya dengan  rapi dan kategorikan dengan jenisnya agar mudah dibagi.

Sedikit ribet? saat kamu tahu betapa berharganya bantuan kamu ini, kamu pasti tak akan keberatan. Lagipula, berbuat kebaikan jangan setengah-setengah, iya kan?

Bagaimana? apakah kamu sudah ada ide untuk memanfaatkan pakaian-pakaian kamu yang tak terpakai? Segera cek lemari kamu ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak