facebook

5 Tips Bertengkar secara Dewasa dengan Pasangan, Kendalikan Emosi!

Susanti ..
5 Tips Bertengkar secara Dewasa dengan Pasangan, Kendalikan Emosi!
Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Setiap pasangan pasti pernah bertengkar. Ya, konflik dalam hubungan apa pun memang tak bisa dihindari. Termasuk di dalam hubungan asmara. Hanya saja, ada pertengkaran yang mampu disikapi dengan dewasa, tapi ada pula yang secara kekanak-kanakan. Nah, supaya hubungan asmaramu tidak penuh drama, berikut lima tips bertengkar secara dewasa dengan pasangan. Mari disimak!

1. Kendalikan emosi

Hal ini menjadi faktor penting yang dapat membedakan mana pertengkaran yang dilakukan secara dewasa dibanding pertengkaran yang tidak sehat karena masih disikapi dengan kekanak-kanakan. Orang yang dewasa, sekalipun sedang marah tetap menjaga emosinya supaya tidak sampai melewati batas.

Selain mencegah agar tak bersikap keterlaluan, pengendalian emosi juga perlu agar kamu tetap mampu bersikap objektif terhadap pasangan, dan bisa berpikir jernih. Dengan demikian, pertengkaran bisa diselesaikan dengan cepat.

2. Mendengarkan pasangan

Saat sedang marah biasanya kamu merasa benar, dan pasangan salah. Pemikiran seperti inilah yang kerap bikin konflik jadi tidak ketemu jalan keluarnya. Masing-masing merasa kukuh dengan pendapatnya sendiri.

Cobalah untuk berusaha mendengarkan penjelasan pasangan kendati kalian sedang marah. Dengan mendengarkan baik-baik kamu jadi dapat memahami sudut pandang pasangan, sehingga bisa menyikapi satu persoalan dengan lebih bijak.

3. Jaga nada bicara

Ada kalanya persoalan sepele jadi besar karena cara komunikasinya salah. Saking emosi, kamu jadi berbicara dengan nada tinggi.

Akibatnya, pasangan yang tadinya sudah sabar dan pikirannya sudah mulai adem pun tersulut lagi menjadi marah. Yang begini bikin permasalahan tidak kelar-kelar!

4. Tidak mengungkit masa lalu

Tips selanjutnya untuk bisa bertengkar secara dewasa dengan pasangan, yakni dengan tidak mengungkit masa lalu. Jangan campur adukkan konflik saat ini dengan persoalan lain yang sudah lewat. Hal itu hanya akan semakin membuat rumit persoalan, lho.

5. Hindari menyerang kekurangannya

Setiap orang punya kekurangan. Terkadang karena marah kamu jadi ingin menyakiti pasangan, salah satunya dengan menyerang karakter atau hal yang menjadi kekurangannya.

Melakukan ini bisa bikin permasalahan jadi semakin besar, lho. Pasangan jadi sakit hati, dan bukan tak mungkin persoalan yang tadinya kecil malah bisa berujung pada perpisahan akibat luka yang diakibatkan oleh perkataanmu yang menyerang pribadinya.

Itulah lima tips bertengkar secara dewasa dengan pasangan. Coba terapkan cara-cara tadi supaya kamu bisa bertengkar secara dewasa dengan pasangan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak