facebook

Selain Harga dan Lokasi, Ini 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengontrak Rumah

Sapta Stori
Selain Harga dan Lokasi, Ini 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengontrak Rumah
Ilustrasi maket rumah (Unsplash.com/Tierra Mallorca)

Bagi kamu yang belum memiliki hunian sendiri atau sedang merantau, mengontrak atau menyewa rumah tentu menjadi salah satu pilihan. Tentunya, tidak mudah mencari rumah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai pertimbangan yang tentunya harus dipikirkan matang-matang.

Dalam memilih rumah kontrakan, kamu tentunya akan mempertimbangkan harga dan lokasi rumah yang akan kamu sewa. Namun, tidak hanya itu, beberapa hal berikut juga penting untuk turut menjadi pertimbangan dalam menyewa rumah, di antaranya:

1. Luas rumah

Pastikan luas rumah kontrakan yang akan kamu sewa tidak hanya nyaman untuk kamu tinggali, tapi juga cukup untuk menampung barang-barangmu. Jika kamu memiliki sepeda motor, misalnya, pertimbangkan apakah kamu memerlukan tempat untuk memasukkan sepeda motormu ke dalam rumah demi keamanan atau tidak.

2. Daya listrik

Jika kamu memilih rumah kontrakan dengan biaya listrik terpisah, pastikan daya listrik rumah yang kamu sewa sesuai dengan kebutuhanmu. Jika keperluan pemakaian listrik untuk barang elektronik yang kamu miliki tidak begitu banyak, kamu tentu bisa memilih rumah kontrakan dengan daya listrik yang rendah dan sesuai dengan besaran yang kamu butuhkan.

Sebab, jika kamu tinggal di rumah kontrakan dengan daya listrik yang tinggi, biaya beban yang kamu bayar tentu akan lebih besar, dan hal ini akan memperbesar pengeluaranmu.

3. Sumber, kondisi, sistem pemakaian dan pembayaran air

Penting untuk menanyakan sumber dan kondisi air di rumah kontrakan yang kamu sewa. Tanyakan kepada pemilik kontrakan apakah airnya jernih atau tidak, juga aman untuk keperluan minum dan memasak atau tidak.

Begitu pula jika kamu ingin menyewa rumah kontrakan yang berderet. Ada baiknya kamu memastikan apakah satu aliran air dipakai untuk bersama-sama atau memiliki saluran air masing-masing. Pun, jangan lupa untuk menanyakan sistem pembayarannya.

4. Kondisi keamanan

Demi mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan, ada baiknya kamu terlebih dahulu memastikan kondisi keamanan di lokasi yang kamu tuju. Untuk mengetahuinya, kamu bisa bertanya kepada temanmu yang tinggal di lokasi yang sama.

Hal ini tentunya penting, karena sewaktu-waktu kamu mungkin akan meninggalkan rumah untuk menginap di rumah orang tua atau kerabatmu, misalnya. Ketika kamu sudah yakin akan kondisi keamanan lingkungan rumah yang kamu sewa, kamu tentu akan lebih tenang dan tidak akan merasa waswas untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu tertentu.

Walau bukan rumah pribadi dan hanya tinggal sementara, tapi kamu tentu tetap menginginkan rumah yang nyaman untuk dihuni. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih rumah kontrakan, agar kamu tetap merasa betah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak