facebook

4 Cara Mempertahankan Tali Persahabatan

oce blue
4 Cara Mempertahankan Tali Persahabatan
Ilustrasi persahabatan.[Pexels]

Sebuah persahabatan atau pertemanan tentunya jangan sampai tali itu terputus. Hubungan baik dengan teman harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Jangan bersikap egois atau sifat kekanak-kanakan. Di bawah ini ada 4 cara untuk menjaga lingkungan persahabatanmu tetap terjaga dengan baik. 

1. Saling menghargai

Meski statusnya adalah sahabat, bukan berarti kalian harus apa-apa sama dan. serupa. Begitu juga dengan perbedaan sudut pandang. Jika sahabatmu memiliki pendapat yang berbeda dengan kamu, hargai dan jangan menghinanya. Begitupun dengan perbedaan pilihan. Masing-masing orang berhak memilih apa yang harus mereka pilih. Kamu tidak sepenuhnya berhak mengatur apa yang akan ia lakukan. Hakmu adalah mengingatkan ketika pilihan itu buruk. 

2. Lewati tantangan bersama-sama

Di saat kalian atau salah satu dari kalian menghadapi suatu persoalan, bantu ia dengan semampumu. Jangan biarkan dia sendirian. Jika permasalahan itu juga berkaitan denganmu, kamu dan sahabatmu harus kompak untuk melewatinya bersama-sama. Saling menguatkan dan saling membantu. Pastinya ada kendala selama kalian menjalin suatu persahabatan dengan siapapun itu. Berjalanlah beriringan dan saling mendukung satu sama lain.  

3. Tetap hargai privasi

Sedekat apapun hubunganmu dengan sahabatmu, privasi tetaplah privasi. Jangan memaksa sahabatmu untuk memberitahukan segalanya. Jika ia menganggap hal itu adalah hal yang tidak perlu kamu ketahui, jangan marah. Dia pasti memiliki alasan tersendiri. Hargai setiap privasi orang lain. Jangan terlalu mempermasalahkan hal-hal kecil yang memang tidak perlu dijadikan masalah. 

4.  Ingat hal-hal kecil bersama sahabat

Mungkin terkadang kamu memiliki konflik yang terjadi dengan sahabatmu. Tapi itu hal wajar. Disaat kamu merasakan emosi yang begitu besar, jangan ucapkan apapun terlebih dahulu kepada sahabatmu. Tenangkan pikiran dan cobalah berfikir kembali betapa berharganya persahabatanmu. Hal kecil yang membahagiakan bersama sahabat dan segala hal menyenangkan yang kamu lakukan bersamanya. Itu bisa menjadi emosimu cepat reda dan tentunya memperkuat tali persahabatanmu. 

Mempertahankan suatu persahabatan sepertinya begitu sulit dilakukan jika hanya salah satu yang berusaha. Jika kamu memiliki sahabat yang selalu menemanimu ke jalan kebaikan, bersyukurlah. Tidak semua orang memiliki sahabat yang benar-benar sahabat. Jaga tali persahabatan itu dan jangan sampai terputus karena masalah sepele. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak