facebook

4 Cara Hilangkan Karat dengan Bahan Alami yang Ada di Sekitar Kita

Mericy setianingrum
4 Cara Hilangkan Karat dengan Bahan Alami yang Ada di Sekitar Kita
Ilustrasi benda berkarat (pexels.com/eyeball3000)

Pasti akan sangat merasa kesal apabila kita menemukan karat pada benda yang terbuat dari besi di rumah. Karat sejatinya adalah sebuah kondisi di mana besi mengalami korosi melalui proses oksidasi sehingga akan memunculkan kotoran hasil korosi yang berwarna kuning dan berbau seperti besi. 

Sebenarnya ada lho beberapa bahan yang bisa menghilangkan karat pada benda yang terbuat dari besi dan simak ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Cuka

Cara pertama untuk menghilangkan karat pada besi yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan cuka. Meski tampak sederhana, ternyata cuka bisa menghilangkan karat membandel dengan waktu kurang dari 24 jam luar biasa bukan. 

Caranya pun sangat mudah lho. Tuangkan cuka pada benda yang berkarat dan setelah itu gosok pada bagian karatnya dengan menggunakan spons atau sikat.

Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya gunakan spons atau sikat dari bahan dasar alumunium foil karena lebih efektif dan cepat dalam menghilangkan sisa-sisa karat pada besi. 

2. Campuran garam, bubuk soda kue, dan air jeruk

Apabila ada bahan di rumah yang bisa dimanfaatkan seperti garam, bubuk soda kue dan air perasan jeruk.  Kamu pun bisa menghilangkan karat pada besi ini dengan mengombinasikan ketiga bahan tersebut. 

Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok garam, setengah sendok bubuk soda kue dan air perasan jeruk. Lalu, diamkan campuran ketiga bahan tersebut selama kurang lebih dua jam. 

3. Ampelas

Ampelas adalah alat yang biasanya digunakan untuk melakukan finishing agar permukaan benda bisa rata atau halus. Namun rupanya, ampelas juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan karat pada besi.

Cara penggunaanya pun mudah sekali kamu hanya perlu menggosok-gosokkan ampelas ke semua bidang dari benda yang berkarat. 

Perlu diingat bahwa jangan terlalu keras dalam proses menggosoknya agar tidak merusak benda yang terbuat dari besi tersebut. Memang pemakaian ampelas sebagai cara untuk menghilangkan karat pada besi ini terbukti cukup ampuh. 

4. Minuman Bersoda

Tak hanya sebagai minuman yang menyegarkan, ternyata minuman bersoda juga dapat menghilangkan karat pada besi. 

Cara menggunakannya pun mudah, kamu hanya perlu menuangkan soda pada sebuah wadah, lalu rendam benda yang berkarat ke dalam wadah tersebut. 

Diamkan hingga karat tersebut memudar dan hilang sampai bersih. Setelah itu, bersihkan benda yang sudah hilang karatnya dengan menggunakan kain lap basah agar tidak lengket dan keringkan dengan kain lap kering.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak