facebook

Bikin Hidup Susah Bahagia, 4 Tips agar Kamu Tak Lagi Sering Baper

Susanti ..
Bikin Hidup Susah Bahagia, 4 Tips agar Kamu Tak Lagi Sering Baper
Ilustrasi wanita tidak bahagia.[unsplash.com/BRUNO EMMANUELLE]

Istilah baper umumnya ditujukan pada orang yang sangat sensitif, bahkan terlalu sensitif. Memang, punya karakter sensitif ada manfaatnya, yakni kamu jadi lebih peka terhadap kondisi sekitar. Akan tetapi, terlalu sensitif bisa membuat kamu susah bahagia, lho, karena hal-hal kecil kerap dibesar-besarkan. Atau persoalan sepele tapi jadi overthinking.

Nah, biar kamu engenggak baper lagi, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Yuk, disimak!

1. Terima kenyataan kalau kamu memang baperan

Baper memang sering kali diasosiasikan dengan hal negatif. Meski begitu, jika ingin lepas dari sifat terlalu sensitif, maka enggak perlu malu untuk menenggakui kalau kamu memang faktanya orang yang baperan.

Dengan ikhlas menerima kenyataan kalau kamu memang baper, nantinya bakal mudah untuk menjalani berbagai cara mengatasi sifat tersebut. Kamu bakal kesulitan mengikuti berbagai langkah untuk mengatasi sifat baper kalau terus menyangkalnya.

2. Latih kebiasaan berpikir positif

Orang yang baper umumnya sering banget berpikir negatif. Itu sebabnya, ada perilaku orang lain yang enggak berbeda dikit langsung berpikir macam-macam. Sikap seperti ini akan menyusahkan dirimu sendiri, lho.

Cobalah latih berpikir positif. Ketika ada hal yang mengganjal jangan langsung mengambil kesimpulan buruk. Utamakan berprasangka baik.

3. Komunikasi terbuka

Orang yang baper umumnya lebih senang memendam dalam hati ketika ada yang menggelisahkannya, dibanding mengonfrontasi langsung ke orang bersangkutan. Misalnya, mengira kalau temannya sedang marah. Padahal, kalau berani bertanya langsung ke teman, sebenarnya sama sekali enggak lagi marah. Mukanya yang rada jutek disebabkan sedang ada banyak masalah.

Oleh sebab itu, mulai sekarang coba dibiasakan ketika ada yang mengganggu hatimu, ditanyakan langsung ke orangnya, ya. Agar kamu enggak berpikir buruk.

4. Sibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat

Kamu akan terhindar dari berpikir macam-macam apabila waktumu sibuk dihabiskan untuk hal-hal yang bermanfaat. Itulah kenapa pastikan waktu yang kamu miliki senantiasa dihabiskan untuk hal-hal produktif supaya enggak ada waktu kosong yang bikin pikiranmu ke mana-mana.

Orang yang sering baper biasanya bikin orang lain serba salah. Coba tips tadi, ya, supaya kamu bisa bersikap biasa dan enggak baper lagi!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak