facebook

4 Hal yang Harus Kamu Abaikan dari Sekarang Jika Ingin Hidup Lebih Bahagia

Susanti ..
4 Hal yang Harus Kamu Abaikan dari Sekarang Jika Ingin Hidup Lebih Bahagia
Ilustrasi wanita bahagia (pexels.com/Nikita Kravchuk)

Tidak semua hal mesti kamu pikirkan. Ada pula beberapa perkara yang sebaiknya kamu abaikan saja demi kebahagiaan hidup. Lalu, apa saja hal yang mesti diabaikan tersebut? Berikut 4 hal yang harus kamu abaikan dari sekarang jika ingin hidup lebih bahagia.

1. Apa yang orang lain pikirkan

Jangan salah, opini orang lain memang penting. Misalnya, kritikan membangun yang disampaikan oleh teman atau atasan yang memang peduli pada kemajuan hidupmu. Atau teguran orang lain saat kamu berbuat salah supaya sadar dan tak terus mengulanginya.

Hanya saja, kamu perlu pandai memilah mana opini yang layak didengarkan, dan mana yang sebaiknya diabaikan saja. Sebagai contoh, kritikan yang kentara sekali destruktif, yakni hanya ingin menjatuhkanmu saja, maka gak perlu didengar.

Begitu pula ketika kamu ingin memulai sesuatu, tapi takut dengan celaan sana-sini. Selama apa yang hendak kamu lakukan itu baik, maka gak usah pedulikan apa yang orang lain katakan. Abaikan!

2. Kesalahan di masa lalu

Hal selanjutnya yang perlu kamu abaikan, yakni kesalahan di masa lalu. Kesalahan yang telah terjadi memang bisa memberi hikmah dan pelajaran. Maka, ambil hikmahnya supaya kesalahan sama gak terulang lagi di kemudian hari.

Namun, jangan terus berpikir tentang yang sudah terjadi, karena gak ada gunanya. Malah bisa bikin kamu terus-terusan tertekan dengan pengalaman lampau yang gak bisa kamu perbaiki.

3. Apa yang kamu gak miliki

Di antara penyebab banyak orang stres, yaitu berusaha menyamakan gaya hidupnya dengan orang lain. Tak jarang keinginan ini sampai mendorong perbuatan kriminal.

Cobalah untuk belajar mengabaikan apa yang gak kamu miliki, dan fokus pada yang kamu punya. Dengan begitu kamu jadi bisa lebih bersyukur. Hidup pun jadi lebih tenang dan bahagia, lho.

4. Masa depan

Masa depan memang perlu dipersiapkan dengan baik supaya nantinya kamu gak menyesal. Misalnya saja, mulai dari sekarang menyiapkan pensiun diri agar nanti ketika sudah berusia lanjut gak menyusahkan orang.

Hanya saja, jangan sampai kamu jadi terlalu mengkhawatirkan masa depan. Ini yang sebaiknya dihindari dan diabaikan. Berusaha saja untuk selalu melakukan hal terbaik di masa kini agar masa depanmu nantinya pun baik.

Nah, itulah 4 hal yang harus kamu abaikan dari sekarang jika ingin hidup lebih bahagia. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak