facebook

5 Cara Menyikapi Perbedaan dalam Hubungan, Bukan dengan Berpisah

Desyta Rina Marta Guritno
5 Cara Menyikapi Perbedaan dalam Hubungan, Bukan dengan Berpisah
Ilustrasi Pasangan (Pixabay/7060673)

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, menjadi berbeda dengan makhluk yang lain adalah takdir dan sesuatu yang sangat wajar. Manusia sudah takdirnya dan sewajarnya berbeda dengan tumbuhan, dengan hewan, bahkan dengan sesama manusia. Perbedaan dengan sesama manusia bisa kita lihat dari jenis kelamin, ada laki-laki ada perempuan, ada yang muda ada yang tua, begitu pula dengan sifat-sifat manusia yang berbeda satu sama lain.

Kamu dan pasanganmu juga pasti memiliki perbedaan bukan? Entah itu latar belakang kalian, kebiasaan, kepribadian, pendapat, dan lain-lain. Namun, apakah dengan adanya perbedaan tersebut berarti harus berpisah? Tentu saja tidak, berikut ini adalah 5 cara menyikapi perbedaan dalam hubungan.

1.  Sadari Bahwa Setiap Manusia Berbeda

Hal pertama yang harus kamu sadari adalah bahwa setiap manusia itu diciptakan berbeda-beda, baik dari segi fisik maupun mentalnya. Begitu pula dengan kamu dan pasanganmu yang secara latar belakang juga sudah berbeda, jenis kelamin berbeda, dan masih banyak perbedaan lain. Itu sudah menjadi ketentuan dari Tuhan, jadi mau tidak mau kamu harus menerimanya.

2.     Syukuri Perbedaan

Pernahkah kamu berpikir untuk mensyukuri perbedaan yang terjadi antara kamu dan pasanganmu? Kalau belum lakukanlah mulai sekarang! Coba pikirkan bagaimana kalau sifat kalian itu sama persis, misalnya kamu adalah orang yang mudah tersinggung, bagaimana jika pasanganmu juga memiliki sifat yang sama? Akankah hubungan kalian bertahan lama? Bisa jadi tidak, karena kalian akan mempertahankan ego masing-masing. 

3.     Belajar Menghargai

Yang harusnya kamu lakukan adalah belajar menghargai pasangan, kalau dengan perbedaan tersebut membuatnya menjadi kurang di matamu, sadarilah bahwa kamu juga memiliki kekurangan. Bicarakan masalah seperti ini agar dia juga mau menghargai dirimu.

4.     Tidak Egois

Ini yang sering terjadi dalam sebuah hubungan, egois alias ingin menang sendiri. Sekali lagi, berbeda dengan pasangan dalam beberapa hal bukanlah suatu masalah, tapi harus saling menghargai, bukan berdebat siapa yang benar dan siapa yang salah atau siapa yang baik dan siapa yang buruk.

5.     Perselisihan Bersifat Sementara

Perselisihan yang diakibatkan oleh perbedaan juga hal yang wajar, tapi dalam situasi seperti itu jangan pernah mengambil keputusan atau kamu sendiri yang akan menyesal. Perselisihan hanya bersifat sementara, jangan gegabah dalam membuat keputusan.

Itulah 5 cara menyikapi perbedaan dengan pasangan, jadi tidak selalu dengan perpisahan ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak