facebook

4 Alasan Mengapa Memiliki Role Model itu Penting, Bukan Sekadar Idola!

Desyta Rina Marta Guritno
4 Alasan Mengapa Memiliki Role Model itu Penting, Bukan Sekadar Idola!
Ilustrasi ibu dan anak (Pixabay.com/edsavi30)

Dalam suatu hal, kita pasti memiliki seorang role model atau panutan. Bisa jadi karena prestasinya, keahliannya dalam suatu bidang, sifatnya, dan lain-lain. Kamu juga pasti punya sosok panutan kan di hidupmu?

Siapa saja bisa jadi idola, baik itu orang tua, saudara, tokoh masyarakat, dan artis. Tidak ada patokan atau pendidikan khusus agar seseorang bisa jadi panutan.

Nah, tau nggak sih kalau memiliki role model atau panutan itu penting? Kalau belum, berikut ini adalah alasan-alasan mengapa memiliki role model itu penting.

1. Memberi Suntikan Semangat

Pernah nggak kamu mengalami kejadian yang membuatmu jadi sedih atau bahkan putus asa? Terutama dalam proses mencapai sesuatu.

Nah, disinilah peran role model, dengan memiliki sosok panutan, membayangkannya saja akan memberi suntikan semangat buat kamu. Kamu juga akan terus merasa termotivasi untuk terus berproses sampai berhasil seperti role modelmu.

2. Menjadi Contoh

Role model tentunya bisa menjadi contoh untuk dirimu dalam melakukan sesuatu. Itupun bukan berarti harus sama dengan orang tersebut, kamu tetap harus menjadi dirimu sendiri.

Sesuatu yang bisa dicontoh dari seorang role model misalnya semangatnya, cara dia mengatasi masalah, dan kegigihannya dalam mencapai sesuatu.

3. Menjadi Mentor

Kenal baik dengan role modelmu? Wah, beruntung banget lho kamu. Dengan kenal baik sama dia, kamu bisa minta tolong dia untuk menjadi mentormu.

Maksudnya, di sini dia akan berperan untuk membimbing kamu, menjawab pertanyaan-pertanyaanmu, serta mengoreksi kesalahanmu. Dengan begitu proses yang sedang kamu lakukan akan berjalan lebih baik dan terarah.

4. Memberi Pandangan untuk Masa Depan

Memiliki role model juga akan memberi kita pandangan tentang masa depan, misalnya kamu mengidolakan saudaramu yang berhasil kerja di perusahaan terkenal.

Nah, dengan begitu setidaknya kamu bisa memiliki angan-angan mau dibawa kemana masa depanmu nanti. Apakah sama dengan saudaramu itu atau kamu punya versi lain?

Itulah 4 alasan mengapa memiliki role model itu penting, siapapun bisa menjadi role model kita dan yang paling penting tetap harus jadi diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak