facebook

5 Tips Jitu agar Punya Mental yang Kuat, Harus Belajar Tahan Banting!

diemaya dewi
5 Tips Jitu agar Punya Mental yang Kuat, Harus Belajar Tahan Banting!
Potret Mental Illness (Unsplash/fairytailphotography)

Untuk kamu yang sedang merasa bahwa kesehatan mental sedang terganggu. Kekuatan mental sebenarnya bukanlah sesuatu yang memiliki satuan ukur yang pasti pada tiap-tiap manusia. Namun, melihat mental orang lain bukanlah sesuatu yang begitu penting untuk kita ketahui dan mereka pun tak bisa mengukur kekuatan mental yang kita miliki. Pasalnya, yang paling bisa menilai kekuatan mental kita adalah diri kita sendiri. Jadi, dari mana kita tahu bahwa mental kita kuat?

Menurut dr. Reni Utari yang membahas tentang kekuatan mental dalam laman resmi sehatq, mental seseorang bisa dilatih menjadi kuat atau tidak tergantung dari diri mereka sendiri.

Berikut 5 cara agar kamu punya mental yang kuat!

1. Harus Berani Katakan "Tidak"

Menurut laman resmi Psych Central, jika kamu ingin memiliki mental yang kuat, kamu harus belajar untuk mengatakan "tidak" jika hal tersebut tidak sesuai dengan isi hati dan keinginanmu. Janganlah melakukan sesuatu karena terpaksa atau merasa tidak enak hati. Belajar untuk bisa membela diri kamu sendiri, dan mengerti bahwa mengatakan tidak pada suatu hal pada akhirnya akan menguntungkan dan menyelamatkan diri Anda sendiri. Hal ini akan mengasah kekuatan mental kamu dan akan menambah kebebasan dalam diri.

2. Tidak Semua Orang Harus Kamu Bantu

Orang yang kuat secara mental umumnya akan lebih perhatian dan suka membatu. Namun, memberi dan membantu orang lain adalah tindakan kebaikan, bukan kewajiban. Kamu harus tanamkan dalam diri bahwa setiap orang mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Membantu orang memang baik, tapi jangan melibatkan atau mengorbankan diri kamu demi orang lain dan membuat diri kamu tidak nyaman.

3. Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Manusia adalah makhluk yang tak sempurna. Kamu harus belajar menerima kekurangan diri sendiri memahami bahwa ada banyak hal yang berada di luar kendali dan tak sesuai dengan keinginan kamu. Kamu harus bisa belajar dan membedakan mana yang merupakan keahlian kamu dan yang diluar dari kendali kamu, ya!

4. Mudah Beradaptasi Apapun Kondisinya

Beradaptasi adalah salah satu karakter yang paling bermanfaat untuk dimiliki. Menurut dr. Reni Utari dalam tinjauannya di sehatq, orang yang kuat secara mental mampu beradaptasi dengan perubahan dengan cepat dan tetap masuk akal dalam situasi bermasalah atau yang datang tak terduga. Jika kamu adalah orang yang sulit beradaptasi, cobalah mencari buku bacaan untuk mencari tahu cara-cara beradaptasi yang bisa kamu ikuti, ya!

5. Belajar Berpikir Rasional

Kamu harus bisa belajar dengan perlahan untuk melihat realita secara akurat berdasarkan alasan, logika, observasi, dan akal sehat. Jika kamu bisa berpikir secara rasional, maka kamu akan mampu mempertahankan tingkat kesadaran yang tinggi, di mana kamu bisa menerima situasi apa adanya tanpa menipu diri sendiri atau tidak mampu mengatur emosi Anda. Biasanya jika orang yang berpikir rasional akan jauh dari sikap yang suka menyalahkan orang lain.

Itulah kelima cara agar kamu bisa memiliki mental yang kuat. Belajar menjadi pribadi yang bermental baja memang tidaklah mudah, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak