facebook

4 Strategi Sederhana untuk Berhenti Jadi Pacar yang Cemburuan

Hellen Nurdiana
4 Strategi Sederhana untuk Berhenti Jadi Pacar yang Cemburuan
Ilustrasi wanita cemburu (Pexels/Budgeron Bach)

Semua wanita pernah merasakan terbakar api cemburu, dengan kemarahan yang terlihat dari raut wajah dan kepala yang dipenuhi dengan pikiran negatif.

Tidak hanya wanita, mungkin semua orang juga mengalami kecemburuan setiap kali merasa pasangan semakin dekat dengan seseorang. Namun selama kecemburuan itu dapat terkendali, hal tersebut adalah sesuatu yang normal dan tidak perlu dibesar-besarkan.

Tetapi jika kamu merasa mulai sesak dengan keadaan pikiran iri terhadap orang lain atau sesuatu yang "merebut" pasanganmu untuk waktu yang lama dan selanjutnya mempengaruhi hubunganmu, maka mungkin ini saat yang tepat untuk mengambil beberapa tindakan untuk mengatasinya.

Mengatasi perasaan cemburu memang tidak mudah, namun jika sudah mempraktekkan kebiasaan berpikiran baik dan positif ini maka kamu tidak hanya dapat menyelamatkan ketenangan pikiranmu, tetapi juga dapat menyelesaikan semua masalah utama dalam hubunganmu.

Berikut adalah 4 strategi sederhana namun efektif, yang telah dirangkum dari laman pinkvilla untuk mengatasi perasaan cemburu dan menghindari kamu menjadi pacar yang cemburuan.

1. Kenali dan Pahami Dengan Cara Yang Benar

Ilustrasi Wanita Duduk Di Jendela Membaca Buku (Foto: Pexels/ Thought Catalog)
Ilustrasi Wanita Duduk Di Jendela Membaca Buku (Foto: Pexels/ Thought Catalog)

Cobalah untuk memahami perasaan cemburu dengan cara yang paling matang untuk mengatasinya secara efektif. Apapun alasannya, cobalah untuk menemukan akar penyebab mengapa kamu cemburu dan jangan terburu-buru dalam mengambil jawaban. 

Jangan membuat gelembung pikiran negatif di kepalamu sendiri setelah kamu melihat sesuatu yang tidak biasa. Berikan waktu untuk diri sendiri tentang mengapa hal itu terjadi. Terkadang kita sering frustrasi dan memberikan ruang pada kemarahan yang hanya memperumit masalah. Ambil pendekatan yang tenang untuk bisa memilah perasaanmu terlebih dahulu sebelum memberikan kesimpulan terhadap apa yang kamu lihat.

2. Bicaralah

Ilustrasi pasangan berbincang (Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova)
Ilustrasi pasangan berbincang (Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

Setelah menganalisis perasaanmu dan alasan kecemburuan di baliknya, pastikan kamu tidak menyimpannya untuk diri sendiri. Setengah dari masalah dalam suatu hubungan ada komunikasi yang tidak jelas. Apa pun yang ada di kepalamu, pastikan kamu selalu mengambil pendekatan yang jelas untuk membicarakannya dengan pasanganmu. Selain itu, ingatlah sifat-sifat positif pasanganmu dan setiap kali kamu merasa cemas, tenangkan diri dengan membuat dirimu mengingat apa yang penting dalam sebuah hubungan. Memelihara kebiasaan berpikiran positif terhadap pasangan mampu melepaskan kecemasan yang menghantui pikiranmu.

3. Praktik Kepercayaan

Ilustrasi Tangan Orang Meraih Satu Sama Lain (Foto: Pexels/Lilartsy)
Ilustrasi Tangan Orang Meraih Satu Sama Lain (Foto: Pexels/Lilartsy)

Aturan praktis untuk menjaga sebuah hubungan tetap hidup yaitu dengan percayalah pada ikatan yang kamu jalin dengan pasanganmu. Kamu mungkin takut akan hal yang tidak diketahui tetapi kehilangan harapan sama sekali tidak perlu mengungkapkannya di setiap argumenmu yang hanya akan menciptakan kekacauan di benak pasanganmu sambil menyeret hubunganmu ke arah yang tidak bahagia. Pastikan kecemburuan tidak menyumbat pikiranmu dan fokuslah untuk memahami satu sama lain agar hubungan itu lebih bahagia.

4. Berpikir Sebelum Bertindak

Ilustrasi Wanita Melihat Keluar Jendela (Foto: Pexels/Marcelo Chagas)
Ilustrasi Wanita Melihat Keluar Jendela (Foto: Pexels/Marcelo Chagas)

Menindaklanjuti sebuah rasa kecemburuanmu dengan memikirkan kembali bahwa argumenmu bisa sangat merusak hubungan. Seringkali, kecemburuan itu memunculkan sifat marah dan dengan sifat seperti itu, kamu akan mengucapkan kata-kata yang menyakitkan dan hanya menimbulkan masalah serta keretakan hubungan yang sulit untuk diperbaiki. Cukup sulit untuk tidak bertindak ketika kamu dipenuhi dengan perasaan negatif, tetapi cobalah untuk tidak menyia-nyiakannya dengan membiarkan perasaan cemburu itu menguasaimu sepenuhnya. Bersikap logis dan banyak berpikir sebelum bertindak untuk menghindari permasalahan yang dapat merusak hubunganmu.

Cemburu itu wajar dan normal apabila kamu mampu mengendalikan perasaanmu, tapi jika perasaan tersebut menguasai akal sehatmu, maka kamu harus segera mempraktikkan 4 strategi di atas agar kamu dan pasanganmu memiliki hubungan yang bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak