facebook

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini agar Skincare Rutin Kamu Tidak Sia-sia

Agustina Rahma
Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini agar Skincare Rutin Kamu Tidak Sia-sia
Ilustrasi perawatan kulit (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Banyak orang mengatakan bahwa skincare merupakan bentuk investasi menguntungkan bagi kulit di masa tua. Jadi, gak heran ya apabila ada yang rela menghabiskan ratusan hingga jutaan rupiah untuk melakukan perawatan dan membeli produk skincare wajah.

Tapi, pernahkah kamu merasa bila perawatan rutin yang kamu lakukan setiap hari tidak menunjukkan efek apapun? Bahkan brand mahal sekalipun terasa sia-sia.

Bisa jadi hal ini dikarenakan kebiasaan buruk yang tanpa sadar kamu lakukan setiap hari, lho. Lebih jelasnya, yuk simak 5 kebiasaan buruk yang bisa bikin skincare rutin jadi sia-sia berkut ini.

1. Suka begadang

Ilustrasi insomnia (Pexels.com/Cottonbro)
Ilustrasi insomnia (Pexels.com/Cottonbro)

For your information ladies, malamhari merupakan waktu untuk kulit melakukan regenerasi kulit. Di mana tubuh akan memproduksi kolagen yang berguna untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Apabila terlalu sering begadang, proses regenerasi dapat terganggu dan membuat kulitmu tampak kusam, kering, serta keriput. Skincare yang setiap hari kamu pakai justru menjadi sia-sia. So, pastikan untuk mendapatkan tidur yang di malam hari.

2. Hobi menyentuh wajah

Ilustrasi menyentuh wajah dengan tangan langsung (Pexels.com/MART PRODUCTION)
Ilustrasi menyentuh wajah dengan tangan langsung (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Kebiasaan yang satu ini pasti sering dilakukan banyak orang. tanpa sadar. Tangan bisa menjadi tempat penyebaran bakteri dan virus karena digunakan untuk memegang banyak hal. Akibatnya, virus dan bateri yang ada di tangan berpindah ke wajah saat kamu menyentuh muka.

Kebiasaan ini bisa menimbulkan jerawat meski kamu rutin menggunakan skincare. Jadi, biasakan untuk tidak menyeka wajah menggunakan tangan langsung. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tisu atau handuk khusus saat menyeka wajah. 

3. Membiarkan make up menempel seharian

Foto olehIlustrasi tidur dengan make up yang masih menempel. (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)
Foto olehIlustrasi tidur dengan make up yang masih menempel. (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Make up yang dibiarkan menempel sepanjang malam dapat membuat pori-porimu tersumbat, lho girls. Bila dibiarkan dalam waktu lama, kotoran dan minyak wajah bisa menumpuk sehingga menjadikan wajah kamu mudah jerawatan. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan make up setelah berkegiatan seharian girls agar skincare tidak sia-sia.

4. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat

Ilustrasi fast food (Pexels.com/Kiro Wang)
Ilustrasi fast food (Pexels.com/Kiro Wang)

Kebiasaan yang satu ini sering gak disadari, lho. Skincare saja tidak cukup untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda. Tubuh juga perlu perawatan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan seimbang.

Sekali dua kali makan fast food boleh dong, tapi jangan keterusan, ya girls. Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat bisa memicu timbulnya masalah kulit, seperti jerawat dan kulit kusam.

5. Malas mencuci tangan sebelum mengaplikasikan skincare ke wajah

Ilustrasi mencuci tangan (Pexels.com/Burst)
Ilustrasi mencuci tangan (Pexels.com/Burst)

Tidak mencuci tangan sebelum menggunakan skincare bisa mengurangi khasiat dari produk skincare lho. Pasalnya, bakteri dan virus yang ada di tangan bisa berpindah ke produk tersebut, sehingga meningkatkan risiko iritasi dan jerawat. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum menggunakan skincare ya.

Itu dia 5 kebiasaan buruk yang bisa menjadi boomerang bagi kulit kamu. Kebiasaan nomer berapa nih yang masih sering kamu lakukan tanpa sadar?

So, perawatan dari luar saja tidak cukup untuk mendapatkan kulit yang sehat. Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak