facebook

Merasa Kesepian dan Tak Punya Siapa-siapa? Kurangi Melakukan 5 Hal Ini!

Desyta Rina Marta Guritno
Merasa Kesepian dan Tak Punya Siapa-siapa? Kurangi Melakukan 5 Hal Ini!
Ilustrasi orang kesepian (Pixabay.com/Engin_Akyurt)

Pernah enggak sih kamu merasa seolah tidak memiliki siapa-siapa? Keluarga, teman, dan semua orang terdekatmu seakan tidak ada dan pada akhirnya kamu pun merasa kesepian. Saat seperti ini, biasanya orang lain akan terlihat salah di mata kita karena kita menganggap mereka tidak peduli.

Perasaan seperti itu umum terjadi dan bisa dibilang hampir semua orang mengalaminya. Lantas apa yang seharusnya kita hindari saat dalam keadaan seperti itu? Berikut adalah ulasannya. 

1. Terlalu Sering Bermain Media Sosial

Terlalu sering bermain media sosial ternyata bisa menyebabkan kita merasa kesepian lho, saking asyik sendiri kita sampai tidak peduli dengan keadaan disekitar.

Akibatnya, lama-kelamaan malah kita yang merasa dijauhi, padahal kita sendiri yang menjauh dari lingkungan. Belum lagi melihat kebersamaan orang yang diuanggah di media sosialnya, itu akan lebih membuat kita merasa kesepian.

2. Menyendiri

Jangan terlalu sering menyendiri, sesekali boleh lah kamu mengiyakan ajakan teman untuk nongkrong. Terlalu asyik sendiri biasanya malah membuat kita kesepian dan merasa dijauhi, coba keluar dan nikmati pemandangan di lingkungan sekitarmu untuk mendapat positive vibes.

3. Lost Contact dengan Teman atau Keluarga

Siapa yang jarang menghubungi keluarga atau temannya? Hingga rasanya kamu dan orang-orang terdekatmu sudah lost contact. Kalau kamu merasa seperti itu, cepat berubah dan jalin komunikasi yang baik dengan orang terdekat.  Tidak harus setiap hari, tetapi minimal jangan sampai hilang kabar.

4. Tak Butuh Bantuan

Sering ya kita merasa bisa melakukan apa-apa seorang diri, itu bukan hal yang buruk tetapi kalau terlalu berlebihan malah akan membuat kita menjauh dari orang disekitar kita. Tolong menolong adalah salah satu cara untuk mempererat tali persaudaraan, kalau rasa inividualis sudah tertanam pada diri kita, maka tidak salah bila rasa kesepian sering melanda.

5. Menunda atau Tak Melaksanakan Ibadah

Merasa kesepian mungkin bukan karena tidak punya teman atau jauh dari keluarga, tetapi kekosongan hati karena jauh dari Tuhan. Kalau kamu masih sering menunda bahkan tidak melaksanakan ibadah, mulai sekarang cobalah untuk berubah sedikit demi sedikit dengan melaksanakan ibadah dengan baik.

Itulah 5 hal yang sebaiknya kamu kurangi untuk menghindari perasaan kesepian alias tidak punya siapa-siapa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak