facebook

Ini 4 Tips Cara Jitu Menemukan Karakter Vokalmu Sendiri

Fahmi Ardian Nugroho
Ini 4 Tips Cara Jitu Menemukan Karakter Vokalmu Sendiri
Ilustrasi menyanyi (Pixabay from Pexels)

Dalam dunia tarik suara, penguasaan teknik yang baik serta vokal yang merdu belum tentu cukup untuk memikat telinga pendengar. Seorang penyanyi juga dituntut untuk memiliki karakter vokal yang kuat. Tetapi banyak penyanyi pemula yang belum mengenal karakter vokalnya sendiri. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karakter berarti tabiat; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain; watak. Anji, penyanyi Indonesia pelantun lagu 'Dia' berpendapat bahwa jika mengacu pada makna karakter menurut KBBI sebenarnya semua penyanyi sudah memiliki karakter vokalnya masing-masing. Tetapi ciri khas, itu yang mungkin perlu dibahas.

Anji dalam kanal YouTube pribadinya membagikan tips cara jitu untuk menemukan karakter atau ciri khas vokal:

1. Nyolong

Ada pendapat untuk menemukan karakter vokalmu sendiri adalah jangan meniru tapi perbanyak referensi. Pada saat kamu mendengarkan lagu dari penyanyi atau band favoritmu mungkin kamu akan berusaha untuk meniru mereka secara tak sadar. Jadi, jika memperbanyak referensi berarti memperbanyak kecenderunganmu untuk meniru idolamu. Maka solusinya adalah 'nyolong' bagian khas dari beberapa penyanyi idolamu.

2. Perbanyak nyanyikan lagu dari penyanyi yang jenis kelaminnya berbeda denganmu

Jika kamu membawakan lagu dari vokalis yang punya jenis kelamin sama denganmu mungkin akan meningkatkan kecenderunganmu untuk meniru penyanyi aslinya. Alasannya karena kamu dan penyanyi dengan jenis kelamin sama memiliki warna dan jenis suara yang hampir mirip.

Maka, solusinya jika kamu laki-laki maka perbanyaklah nyanyikan lagu yang penyanyi aslinya perempuan. Jika kamu perempuan seringlah menyanyikan lagu yang penyanyi aslinya laki-laki. Dengan begitu kecenderunganmu untuk meniru akan berkurang. Karena baik warna maupun jenis suara sangat berbeda.

3. Rekam suaramu sendiri

Kita tahu bahwa lebih mudah untuk menilai orang lain daripada diri sendiri. Maka tak usah menilai orang lain, mulailah rekam suaramu sendiri lalu dengarkan. Pakai saja alat yang sederhana lebih dulu seperti perekam suara dalam ponselmu. Dengan cara ini kamu akan tahu mana yang bagus darimu, mana yang harus dipertahankan, juga mana yang perlu dihilangkan.

4. Banyak nyanyikan lagu sendiri

Dengan menyanyikan lagu cipataanmu sendiri mungkin akan mempermudah menemukan karakter vokalmu sendiri. Jika kamu belum bisa membuat lagu sendiri belajarlah untuk ciptakan. Anji menyakini setiap musisi punya kemampuan untuk menciptakaan lagu sendiri. Jika belum itu karena belum mecobanya. Maka cobalah.

Itulah 4 tips cara jitu menemukan karakter vokalmu sendiri dari Anji. Semoga bisa cara ini bisa membantu kamu dalam menemukan karakter vokal sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak