facebook

5 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Pertama Masuk Kuliah, Maba Wajib Tahu!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Pertama Masuk Kuliah, Maba Wajib Tahu!
Ilustrasi Mahasiswa (Pixabay/CaiHuuThanh)

Wajar enggak, sih, merasa minder dengan teman baru di kampus? Wajar banget, dong! Apalagi di dunia kampus bakal lebih luas lagi relasinya, kesenjangan antar mahasiswa juga lebih terlihat. Namun, minder terus-terusan juga enggak baik, bisa-bisa kamu lebih fokus ke rasa minder daripada belajar. Berikut 5 tips mengatasi rasa minder saat pertama kali masuk kuliah.

1. Punya Prinsip

Tips pertama, kamu harus punya prinsip bahwa tujuanmu ke kampus adalah menuntut ilmu dan bukan untuk hal yang lain. Jangan biarkan fokusmu teralihkan hanya karena hal sepele, apalagi minder yang disebabkan perbedaan kelas sosial. Ingat, di kampus yang utama bukanlah baju bagus, tapi prestasi dan dedikasi yang tinggi.

2. Jangan Takut Belajar

Kalau memang ada sesuatu yang masih asing, jangan takut atau malu untuk belajar. Minta penjelasan pada teman atau mencari informasi di internet bisa jadi alternatif. Masalah seperti ini sudah biasa terjadi dan mungkin dirasakan setiap mahasiswa baru, terutama yang berasal dari desa.

3. Pelajari Skill Dasar yang Sekiranya Diperlukan

Untuk menambah rasa percaya diri, kamu kuga boleh kok belajar skill dasar yang sekiranya diperlukan saat di kampus nanti. Misalnya tentang teknologi atau bahasa Inggris, karena kedua hal ini jila dipelajari akan sangat bermanfaat untukmu saat sudah memasuki dunia kampus dan perkuliahan.

4. Cari Teman Sefrekuensi

Jangan lupa untuk mencari teman yang sefrekuensi sebelum masuk kuliah, saat ini sudah banyak media yang bisa kamu gunakan untuk berkenalan dengan teman satu jurusan. Cari teman yang sekiranya bisa diajak bekerja sama dan memiliki gaya hidup yang sama denganmu. Kalau sudah punya teman begini kamu tidak akan merasa minder.

5. Kembangkan Diri

Salah satu cara ampuh mengatasi rasa minder adalah dengan mengembangkan diri, ikut organisasi atau mengikuti pelatihan apa saja yang bisa menaikkan kemampuan dirimu. Dengan begini, tidak ada kata minder dengan teman yang lain.

Itulah 5 tips mengatasi rasa minder saat pertama kali masuk kuliah, jangan khawatir, dunia kampus tidak seburuk yang kamu kira. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak