facebook

3 Cara Mengetahui Karier yang Tepat di Masa Depan

Belinda Safitri
3 Cara Mengetahui Karier yang Tepat di Masa Depan
Ilustrasi orang bingung menemukan karir (pexels.com/Pixabay)

Semakin beranjak dewasa, setiap orang tentu mulai memikirkan karier yang akan dijalankan di masa depan. Namun, gak bisa dimungkiri jika masih ada banyak orang yang belum tahu cara menentukan pilihan karier tersebut.

Banyaknya mata pelajaran yang diperoleh pada saat menempuh pendidikan di bangku sekolah gak jarang menyebabkan seseorang akhirnya bingung memilih satu bidang yang akan ditekuni. Terlebih lagi sistem pendidikan saat ini masih terbilang fokus pada pemberian teori dan kurang memberikan bimbingan untuk menentukan karier ke depan.

Hal itu pun akhirnya mengakibatkan banyak orang mengalami kekhawatiran terhadap masa depan karena belum tahu pasti apa yang harus dikerjakannya kelak. Nah, apakah kamu salah satu yang sedang mengalami hal itu? Jika iya, yuk simak 3 cara mengetahui karier yang tepat berikut ini.

1. Refleksi Diri

Hal ini menjadi cara termudah yang bisa kamu lakukan jika masih bingung menentukan karier yang tepat. Hakikatnya, orang yang paling memahami dirimu bukan orang lain melainkan diri kamu sendiri.

Oleh karena itu, dalam menentukan karier yang tepat, tak ada cara terbaik selain menanyakannya kembali pada dirimu sendiri.

Siapkan waktu untuk berbicara pada dirimu sendiri, tanyakan apa sebenarnya yang kamu sukai dan kamu tertarik untuk mendalami bidang apa.

Jawablah dengan jujur tanpa mempertimbangkan hal apapun terlebih dahulu. Jangan terlalu buru-buru memikirkan kesulitannya dulu karena hal itu hanya akan membuatmu tidak akan menemukan jawaban yang sebenarnya.

2. Konsutasi dengan Ahli

Jika setelah kegiatan refleksi diri kamu masih menemukan jalan buntu untuk menentukan karier, maka melakukan konsultasi dengan seorang ahli mungkin dapat menjadi cara selanjutnya yang perlu ditempuh.

Kamu bisa melakukan diskusi dengan seorang psikolog karier dan meminta saran darinya. Tentu di dunia digital yang semakin canggih saat ini ada banyak platform yang menyediakan layanan konsultasi. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan kesempatan berbincang dengan psikolog.

Terkait hal itu, upayakan untuk menjelaskan dirimu secara apa adanya agar psikolog dapat membantumu dalam keputusan menentukan karier yang sekiranya benar-benar sesuai dengan dirimu.

3. Tes Bakat

Dikutip dari laman Future Learn, tes bakat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan bagi kamu yang sedang bingung menemukan karier yang tepat.

Hasil dari tes bakat mungkin gak sepenuhnya sempurna dan terkadang mungkin masih bertentangan dengan apa yang benar-benar ada dalam dirimu.

Namun, setidaknya dengan tes tersebut kamu bisa memperoleh pengetahuan yang nantinya bisa kamu jadikan arah untuk mencoba karier di suatu bidang.

Jadi gak ada salahnya mencoba ikut tes bakat, gak bisa dimungkiri kan barangkali dari sana kamu bisa menemukan suatu bidang yang selama ini mungkin gak kamu sadari.

Itulah 3 cara mengetahui karier yang tepat. Jadi, sekarang gak perlu bingung lagi, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak