facebook

5 Hal yang Kamu Pelajari dari Hubungan Toxic tentang Cinta, Apa Saja?

Nurillah A.
5 Hal yang Kamu Pelajari dari Hubungan Toxic tentang Cinta, Apa Saja?
Ilustrasi hubungan toxic.(Pixabay/Praetorianphoto)

Apakah kamu sedang berjuang keluar dari hubungan toxic? Apa kamu merasa begitu berat dan lelah menghadapi pasangan yang sifatnya toxic? Jangan menyerah! Selagi perjuanganmu belum kelar, setidaknya kamu bisa belajar banyak hal dari sebuah hubungan toxic. Lantas apa saja pelajaran yang akan kamu peroleh?

Dilansir dari laman Yourtango pada 29 Juni 2022, inilah 5 hal yang akan kamu pelajari dari sebuah hubungan yang sifatnya beracun alias toxic:

1. Tanda Bahaya Sebuah Hubungan

Sejatinya, sebuah hubungan beracun memiliki sinyal sejak awal. Misalnya, mungkin dia selalu bercerita tentang mantan pacarnya bahkan membanding-bandingkan dirimu dengan sang mantan. Atau mungkin dia melarangmu untuk melepas sahabat karena merasa cemburu. Ciri seperti ini adalah pertanda awal bagaimana sebuah hubungan bersifat toxic.

2. Tahu Apa yang Tidak Boleh Dilakukan

Satu pelajaran yang bisa dipetik dari hubungan toxic adalah kita bisa untuk tidak mengulangi hal-hal yang sama di kemudian hari. Bukan apa-apa, kadang ada orang yang berhasil keluar dari hubungan toxic, justru setelah menjalin hubungan kembali dengan orang lain, ia kembali jatuh dalam hubungan yang jauh lebih toxic.

3. Cari Tahu Apa yang Ingin Dicari dalam Sebuah Hubungan

Saat menjalin hubungan beracun, maka secara tidak langsung kita akan melihat kekurangan pasangan sekaligus berpikir ideal terkait apa sebetulnya yang kita cari dari hubungan toxic tersebut.

Boleh jadi, kita mencintai seseorang tetapi tidak merasa bahagia karena pasangan kita hanya mempedulikan dirinya sendiri. Lantas, untuk apa perasaan cinta jika pada akhirnya menderita?

4. Melepaskan Bukan Berarti Menyerah

Percayalah, kita hanya bisa mengontrol diri kita sendiri, bukan orang lain. Ketahuilah, saat kita berusaha melepaskan diri dari hubungan toxic, itu bukan berarti kita menyerah melainkan kita berusaha hidup bahagia bukan menderita. Bukankah tiap orang berhak bahagia bahkan dalam urusan cinta?

5. Sadar Ternyata Kamu Kuat

Setelah kita berhasil keluar dari hubungan beracun, maka secara tidak langsung kita akan tahu seberapa kuat kita sebetulnya. Oleh karena itu, teruslah berjuang. Carilah seseorang yang pernah mengalami hal serupa, dan belajarlah pada mereka terkait bagaimana caranya lepas dari hubungan toxic.

Demikian 5 pelajaran yang bisa kita petik saat berusaha melepaskan diri dari hubungan toxic.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak