facebook

Ketahui, 3 Bekal Bermanfaat sebelum Lulus Sekolah untuk Menghadapi Dunia Kerja

oce blue
Ketahui, 3 Bekal Bermanfaat sebelum Lulus Sekolah untuk Menghadapi Dunia Kerja
Ilustrasi kelulusan (Pexels.com/Emily Ranquist)

Dunia sekolahan memang masa yang begitu menyenangkan dan di saat itu kita bisa tertawa lepas bersama teman-teman. Kita tidak bisa selamanya untuk seperti itu. Pada akhirnya, setelah kita lulus kita harus menghadapi dunia kerja yang tentunya sangat berbeda dengan dunia sekolahan.

Berikut ini 3 bekal atau skill penting untuk menghadapi dunia kerja. 

1. Dapat berkomunikasi dengan baik

Kemampuan yang tidak harus berlebihan. Jika kita sudah dapat berkomunikasi dengan baik, jelas, dan artikulasi yang tepat, hal ini sudah cukup. Dengan mempunyai kemampuan ini, tentunya kita dapat berkomunikasi dengan baik kepada rekan kerja.

Jika kita mempunyai kemampuan ini, mendapat rekan baru bukanlah hal yang sangat sulit. Begitu juga sama halnya ketika kita berbicara dengan atasan yang pasti komunikasi kita juga harus baik. 

2. Mandiri 

Jika di masa sekolah mungkin kita sering kali meminta bantuan kepada teman dan mereka juga bersedia untuk membantu. Tapi, hal ini mungkin. sedikit berbeda di dunia kerja. Kita tidak bisa selalu meminta tolong kepada orang lain karena mereka juga punya kesibukannya masing-masing. 

Di samping itu, kita juga harus mampu untuk memimpin diri sendiri. Mengatur waktu dan menyelesaikan tugas agar tidak terlambat. Akan jauh lebih baik lagi jika kita juga bisa menjadi pemimpin di sebuah kelompok. Tapi yang harus kamu bisa adalah memimpin dirimu sendiri terlebih dahulu.

3. Sikap sopan santun

Ini adalah dasar yang harus kita miliki. Menjaga sopan santun dimanapun adalah keharusan. Jika kita bertindak sebaliknya, tentunya kita akan kesulitan untuk berbaur dengan orang lain. Buatlah dirimu dan rekanmu merasa nyaman dengan sikap santunmu. Tindakan dan ucapan harus dijaga sebaik mungkin.

Sikap yang kamu berikan kepada orang lain, itulah sikap yang akan diberikan orang lain kepadamu. Tetap rendah hati meski posisimu sedang tinggi. Hormati siapapun yang ada di lingkungan kerjamu. 

Tidak seharusnya kita takut akan dunia setelah lulus sekolah. Disitulah kita menemukan dunia baru dan sudah seharusnya kita mengisinya dengan hal-hal kebajikan. Berusahalah semampumu dan jangan selalu menuntut dirimu untuk mengikuti setiap anganmu. Kita mempunyai batas. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak