facebook

5 Hal Ini Menunjukkan Kamu Tak Menyayangi Dirimu Sendiri

Dwimar Turmidzi
5 Hal Ini Menunjukkan Kamu Tak Menyayangi Dirimu Sendiri
Ilustrasi sedih (Pexels.com/Arina Krasnikova)

Sikap sayang tidak hanya diperuntukkan untuk orang lain saja. Terkadang dirimu sendiri juga perlu kamu sayangi oleh dirimu sendiri. Jarang sekali disadari, terkadang kamu malah terlalu jahat terhadap diri sendiri karena banyak hal.

Namun karena terdengar sangat tabu, hal-hal yang membuat kamu tidak menyayangi dirimu sendiri menjadi hal yang terabaikan. Bahkan terkadang kamu tidak mengetahui bahwa kamu terlalu fokus dengan orang yang kamu sayang dan malah merelakan dirimu sendiri.

Berikut 5 hal yang menunjukkan kamu tak menyayangi dirimu sendiri. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Terlalu fokus pada kekurangan

Setiap manusia tentunya akan memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, banyak orang yang tidak bisa mengelola keduanya. Jika orang yang tidak menyayangi diri sendiri ia justru akan hanya fokus menghakimi kekurangan sendiri, bukan fokus mengembangkan segala kelebihan yang dimiliki.

2. Sering merasa tidak enakan terhadap orang lain

Didalam kehidupan bersosial, tentunya kamu akan menemui beberapa orang yang selalu menambah beban pikiranmu dengan hal yang tidak kamu sukai. Jika kamu tidak tegas dengan hal tersebut, orang tersebut malah akan semakin membuat beban pikiranmu bertambah banyak.

3. Tidak peduli dengan kesehatan sendiri

Banyak faktor yang menyebabkan kamu mengabaikan kesehatanmu sendiri seperti kesibukan, dan makanan yang tidak baik. Mulai dari sekarang, tinggalkan kebiasaan yang bisa membuat kesehatanmu terganggu, ya!

4. Takut meminta bantuan jika dalam situasi yang sulit

Selain gengsi, rasa takut atau malu juga bisa jadi alasan kamu tidak mau meminta bantuan saat berada di situasi yang sulit. Padahal dalam kehidupan bersosial, kamu perlu sekali meminta bantuan dan uluran bantuan dari orang lain.

5. Remeh terhadap diri sendiri

Melihat pencapaian yang orang lain raih terkadang membuatmu semakin meremehkan dirimu sendiri. Seperti pada poin pertama, lebih baik kamu fokus dengan mengembangkan kelebihanmu dibandingkan fokus dengan kekurangan dan meremehkan dirimu sendiri.

Itulah tadi 5 hal yang menunjukkan kamu tidak menyayangi dirimu sendiri. Semoga kamu bukan termasuk orang yang tidak menyayangi diri sendiri, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak