facebook

4 Kegiatan Ini Membuat Harimu Tidak Produktif

oce blue
4 Kegiatan Ini Membuat Harimu Tidak Produktif
Ilustrasi Seekor Panda yang Malas (Pixabay/GraphicMama-team)

Melakukan hal berguna atau kegiatan produktif pada nyatanya semua orang bisa melakukannya. Namun, hal ini menjadi sulit karena kemalasan dan keegoisan diri kita sendiri. Agar harimu lebih produktif, cobalah untuk mengurangi atau menghilangkan 4 kegiatan di bawah ini. 

1. Lupa waktu 

Hal pertama yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah lupa waktu untuk hal yang kurang bermanfaat. Contohnya bermain media sosial dan bermain game sampai tidak sempat melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

Sesekali untuk mengistirahatkan tubuh hal ini memang tidak apa. Namun, jika terlalu sering maka waktu yang bisa gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat menjadi terbuang sia-sia.

Beri batasan kepada dirimu untuk bermain sosmed, contohnya seperti maksimal bermain sosmed adalah 2 jam, selebihnya harus melakukan kegiatan produktif.

2. Berfikir berlebihan

Jika kita terus-terusan berfikir berlebihan maka hasilnya kita tidak akan pernah bisa untuk produktif. Waktu kita habis untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Apapun yang ada di kepalamu tidak sepenuhnya akan menjadi kenyataan.

Selama kamu berproses dengan baik, percayalah hasilnya juga akan baik. Jangan pikirkan hal-hal yang berada di luar kendalimu.

3. Kurang istirahat

Kerja berlebihan juga kurang baik. Apabila kita kurang istirahat, contohnya kurang tidur maka hari-hari yang kita lalui seakan membosankan. Tidak ada semangat untuk melakukan hal-hal yang sebetulnya baik untuk mengisi harimu.

Untuk itu, jangan begadang dan beri jeda untuk mengistirahatkan lelahmu. Istirahat adalah unsur penting yang harus kamu lakukan. 

4. Menuntut kesempurnaan

Apabila kita melakukan suatu hal untuk menuntutnya menjadi sempurna, hal itu tidak akan pernah bisa. Waktu kita akan habis untuk mengejar yang tidak bisa.

Tidak harus sempurna, selama itu adalah kerja terbaikmu, hasilnya juga sudah cukup. Jika memang masih kurang baik, perbaikilah semampumu. Kita juga manusia biasa yang tidak bisa membuat suatu kesempurnaan. 

Kegiatan produktif pada aslinya akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan senang hati. Dengan melakukannya, kita juga tidak menyia-nyiakan waktu dan pastinya memperoleh banyak manfaat. Lakukan kegiatan produktif sederhana seperti membaca buku meski 3 lembar, bersih-bersih kamar, dan olahraga kecil. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak