facebook

Menantu yang beruntung, Ini 5 Tanda Kamu Punya Mertua Baik Hati

Dwimar Turmidzi
Menantu yang beruntung, Ini 5 Tanda Kamu Punya Mertua Baik Hati
Ilustrasi mertua (pexels/Rodnae Production)

Dalam sebuah pernikahan, pastinya yang diinginkan adalah memiliki pasangan dan mertua baik hati. Karena dengan memiliki pasangan dan mertua yang baik bisa membuat rumah tangga tetap berjalan harmonis. Mengapa mertua juga harus baik? Jawabannya karena bukan tidak mungkin rumah tangga yang hancur bisa disebabkan karena mertua yang toxic.

Oleh karena itu, sebelum kamu akan memutuskan menikah dengan seseorang, telaah juga bagaimana sifat, sikap, serta perlakuan mertua terhadap dirimu. Karena dengan begitu kamu bisa menilai apakah mertua kamu adalah orang yang baik atau tidak? Tentunya dengan melihat beberapa tanda, kamu akan mengetahui bagaimana karakter dari mertuamu.

Berikut 5 tanda kamu memiliki mertua baik hati. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Tidak mencampuri urusan rumah tangga

Sebelum memutuskan untuk menikah, restu orang tua memanglah hal yang paling penting. Namun setelah kamu menikah, mertua tidak berhak untuk mencampuri urusan rumah tangga anakanya. Karena peran orang tua adalah merestui atau tidaknya hubungan kalian sebelum menikah.

2. Penasehat dan Pemberi solusi dengan bijaksana 

Meskipun tidak boleh mencampuri urusan rumah tangga anaknya, mertua tetap wajib menasihati dan memberi solusi dengan permasalahan anak dan mertuanya. Namun, demikian mertua harus tetap berpikir rasional jika menasehati dan memberikan jalan keluar yang baik.

3. Memperlakukan menantunya seperti anaknya sendiri

Mertua yang tidak membeda-bedakan kasih sayang terhadap anak sendiri termasuk mertua yang bijaksana. Ia tak segan memperlihatkan bahwa ia juga perhatian dan menerima dengan baik sang menantu.

4. Tidak menuntut banyak hal

Zaman sekarang banyak sekali mertua yang selalu menuntut banyak hal, seperti harus cepat memberikan cucu, atau tuntutan lainnya. Mertua demikian termasuk mertua yang toxic dan perlu diberikan penjelasan.

5. Bukan mertua yang selalu mencari kesalahan menantu

Sama seperti mertua yang selalu menuntut, mertua yang selalu mencari kesalahan menantu juga banyak terjadi kasusnya. Jenis mertua ini kebanyakan dilakukan oleh mertua perempuan terhadap menantu perempuan. Hal itu terkadang membuat menantu perempuan merasa down dan goyah untuk mempertahankan rumah tangganya.

Itulah tadi 5 tanda kamu memiliki mertua baik hati. Apakah mertuamu yang termasuk yang memiliki tanda tersebut? Jangan sia-siakan mertua baik kalian, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak