facebook

6 Tips Melawan Rasa Malas dalam Bekerja dan Membuatmu Kembali Produktif

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Tips Melawan Rasa Malas dalam Bekerja dan Membuatmu Kembali Produktif
ilustrasi rasa malas. (pixabay)

Rasa malas untuk melakukan suatu pekerjaan sebenarnya termasuk hal yang manusiawi dan pernah dirasakan oleh setiap orang. Namun, mengikuti rasa malas secara terus menerus akan berdampak pada menurunnya produktivitas kerja, atau bahkan menhilangkan motivasi untuk bekerja.

Lantas, apa saja yang harus kita lakukan untuk melawan rasa malas tersebut? Berikut ulasannya.

1. Membuat Jadwal dan Terget Kerja

Kamu dapat memulainya dengan membuat jadwal serta target kerja harian, dengan begitu semangat serta motivasi di dalam dirimu akan muncul untuk melawan rasa malas tersebut. Akan tetapi kamu tidak boleh mengabaikan jadwal serta target yang telah kamu susun tersebut.

2. Berikan Penghargaan Kepada Diri Sendiri

Kamu dapat memberikan penghargaan untuk dirimu sendiri apabila telah menyelesaikan jadwal serta target kerja yang telah kamu susun sebelumnya, seperti pergi berlibur atau membeli makanan yang kamu suka.

3. Jangan Sering Mengeluh

Mengeluh hanya akan menghambat pekerjaanmu serta membuatmu menjadi semakin malas. Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa apapun hal yang sedang kamu kerjakan memiliki keuntungan yang jauh lebih besar daripada keluhan yang kamu rasakan.

4. Perbanyak Bersyukur

Jika kamu merasa malas untuk berkerja, coba mengingat kembali bagaimana perjuanganmu sebelumnya untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Banyak orang yang masih sibuk mencari pekerjaan, sedangkan kamu sekarang telah sibuk mengerjakan pekerjaanmu. Bersyukur akan membuatmu lebih mengerti arti dari perjuangan hidup.

5. Temukan Hobi

Saat akhir pekan daripada kamu sibuk bermalas - malasan, ada baiknya kamu mencoba hal - hal baru yang dapat menjadi hobimu. Seperti bersepeda di minggu pagi, memasak menu-menu baru, ataupun mencoba menulis artikel. Dengan begitu hari liburmu menjadi lebih produktif dan kamu lebih termotivasi untuk memulai aktivitas kerja kembali.

6. Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup berkaitan dengan mood untuk bekerja. Jika kamu hobi begadang setiap malam, maka kamu akan terasa malas untuk mengerjakan sesuatu di siang hari. Oleh karena itu perbaiki waktu tidurmu.

Itulah 6 tips melawan rasa malas dalam bekerja dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak