facebook

3 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memperbaiki Persahabatan yang Retak

Sapta Stori
3 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memperbaiki Persahabatan yang Retak
Ilustrasi dua orang sahabat (Unsplash.com/Joshua Sazon)

Seperti halnya dalam setiap hubungan manusia, persahabatan juga tak luput dari permasalahan. Tak jarang, terjadi perselisihan yang akhirnya merenggangkan hubunganmu dengan sahabatmu, bahkan mengakibatkan persahabatan kalian retak.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memperbaiki hubunganmu dengan sahabatmu. Demi memulihkan persahabatan yang retak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masing-masing pihak. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Hindari mengungkit kesalahan satu sama lain

Persahabatan yang retak seringkali tidak terlepas dari kesalahan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Masalah yang terjadi bisa berawal dari kesalahanmu, bisa juga kesalahan sahabatmu, atau bisa saja kalian berdua sama-sama melakukan kesalahan.

Ketika kamu ingin memperbaiki hubunganmu dengan sahabatmu, ada baiknya jika kalian tidak mengungkit kesalahan satu sama lain.

Jika memang masih ada hal yang harus dibicarakan terkait dengan masalah kalian sebelumnya, pastikan kamu dan sahabatmu tengah dalam kondisi yang baik dan tenang, sehingga kalian akan lebih mudah untuk saling memahami.

2. Belajar dari pengalaman masa lalu

Masalah yang sebelumnya muncul di antara kamu dan sahabatmu, hingga menyebabkan keretakan dalam hubungan kalian haruslah menjadi pembelajaran bagi masing-masing pihak untuk bisa lebih dewasa dalam menyikapi permasalahan yang terjadi, apalagi sesama sahabat semestinya sudah saling mengenal sifat satu sama lain.

Jangan sampai hal yang sama terulang dan membuat persahabatan kalian kembali renggang.

3. Bersikap lapang dada dan saling memaafkan

Hubungan persahabatan yang memburuk atau retak tentunya tidak akan bisa diperbaiki jika masing-masing pihak tidak memiliki kesediaan untuk saling memaafkan, apalagi jika masih saling menyalahkan. Dalam hal ini, ada baiknya jika kamu memulai dari dirimu sendiri.

Terlepas dari apakah kamu salah atau tidak, minta maaflah terlebih dahulu kepada sahabatmu. Kamu dan sahabatmu harus bisa berlapang dada dalam menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain.

Demikian tiga hal yang harus diperhatikan ketika memperbaiki persahabatan yang retak. Tentunya, alangkah lebih baik jika kamu dan sahabatmu bisa menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di antara kalian dengan baik sebelum terjadi keretakan dalam hubungan persahabatan kalian. Semoga kamu dan sahabat-sahabatmu selalu rukun dan kompak, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak