facebook

5 Tips yang Akan Membantumu di Dunia Perkuliahan, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Boy Silaban
5 Tips yang Akan Membantumu di Dunia Perkuliahan, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!
Hal yang penting yang harus diketahui mahasiswa baru (Pixabay)

Bagi kamu yang baru saja lulus ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, tentu sedari awal sudah membuat persiapan-persiapan tertentu pastinya. Perlu kamu ingat bahwa masuk ke perkuliahan, kamu akan bertemu dengan banyak sekali perbedaan yang sebelumnya belum pernah kamu rasakan saat masa SMA. Perbedaan yang paling menonjol adalah kebebasan. Sekarang mau tak mau, kamu yang harus mengontrol dirimu sendiri tanpa adanya campur tangan orang tua yang dulu selalu berada di sisimu.

Kebebasan ini merupakan racun. Percaya saja, pada awalnya kamu akan senang dengan kebebasan ini. Dimana, kamu dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak bisa kamu lakukan. Namun, itu sifatnya hanya sementara, sembari berjalannya waktu kamu akan merasakan dirimu jatuh di dalam kebebasan itu sendiri. Bahkan, kebebasan itu malah mungkin yang akan memenjarakan dirimu sendiri. Nah, berikut lima hal atau tips yang dapat membantu kamu sebagai mahasiswa baru saat masuk perkuliahan nanti. 

1. Jangan Berambisi Mengejar Kepopuleran

Mungkin saat populer waktu SMA ada banyak keuntungan yang kita terima, salah satunya banyak adek kelas atau kakak kelas yang naksir sama kita. Namun, hal ini tidak berlaku selama kuliah karena populer hanya menambah beban masalah. Selalu ingat dengan tujuan awal mu ingin kuliah.

2. Membiasakan Diri Untuk Aktif Dalam Setiap Kegiatan 

Ketika kerja kelompok, ada baiknya kamu selalu mencoba untuk memberikan kontribusi dan menawarkan bantuan tanpa diminta. Misalnya, ada yang ngomong di grup, setidaknya kamu harus memberikan respon. Hal ini akan membuat orang merasa senang sekelompok denganmu. Apabila kamu tidak mau tahu, slow respon, dan jarang nimbrung di grub selama kerja kelompok besar kemungkinan kamu tidak akan diajak lagi selama kerja kelompok. Jadi, minimal kamu memberikan kontribusi kamu selama kerja kelompok. 

3. Jangan Menganggap Diri Kamu Hebat

Mungkin waktu SMA dulu kamu pintar, kaya, ganteng atau cantik dan sebagainya jadi kamu merasa level mu lebih tinggi dibandingkan dengan teman-temanmu. Perlu kamu ketahui bahwa mindset seperti ini jangan dibawa ke kuliah. Kamu harus tahu bahwa banyak orang-orang di perkuliahan nanti yang masih lebih hebat dari kamu. 

4. Membangun Relasi dengan Kakak Tingkat atau Senior

Dalam perkuliahan relasi itu penting karena hal itu dapat membantu kamu selama kuliah. Bangunlah relasi dengan banyak orang salah satunya dengan kakak tingkat atau senior di kampus kamu nantinya. Namun, bersikaplah sewajarnya tanpa harus menunjukkan sikap yang berlebihan. 

Nah, itulah 5 tips yang akan membantu kamu di dunia perkuliahan. Selalu ingat tujuan awalmu ingin kuliah, tetap, disiplin, semangat, dan bertanggung jawab. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak