facebook

3 Cara Tepat untuk Memberitahu Orangtua saat Kamu Mempunyai Pacar

Keza Felice
3 Cara Tepat untuk Memberitahu Orangtua saat Kamu Mempunyai Pacar
Ilustrasi kencan (Freepik.com/nensuria)

Apabila kamu sudah menjalin hubungan yang berkomitmen dengan pasangan kamu pasti memikirkan cara untuk mengenalkannya kepada orangtua. Pada awalnya mungkin kamu merasa takut dan ragu untuk melakukannya karena khawatir orangtuamu akan melarang dan menolak hubungan kalian.

Namun, bila tidak kunjung dikenalkan kepada mereka, tentu saja hubungan asmaramu tidak akan pernah berkembang ke arah yang lebih serius. Karenanya kamu dapat mencoba beberapa cara ini untuk memberitahu orangtuamu bahwa saat ini kamu mempunyai kekasih.

1. Memberitahu Orangtua Bila Kamu Ingin Berkencan

Tidak peduli berapa usia kamu telah tumbuh, tetapi perlu diingat bahwa kamu akan selalu menjadi anak bagi orangtuamu. Oleh karena itulah agar kamu bisa lebih mudah mengenalkan pacar ke orangtua, mulai saat ini cobalah untuk menunjukkan kepada mereka bahwa sekarang kamu sudah cukup dewasa untuk mempunyai hubungan asmara.

Katakan bahwa sebenarnya ada seseorang yang sedang dekat denganmu dan berhasil mencuri perhatianmu. Akan tetapi, kamu tak perlu mengungkapkan bahwa mempunyai hubungan asmara itu ‘keren’ sebab ini merupakan alasan yang akan membuat usahamu berakhir sia-sia.   

2. Undang Pacar saat Orangtuamu Bersantai

Cara lain untuk mengenalkan pacar ke orangtuamu bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti dengan mengajak kekasihmu bergabung bersama dengan keluarga kamu.

Saat orangtuamu sedang di rumah dan menikmati waktu bersantai, tidak ada salahnya untuk mengundah kekasihmu dan mengajaknya bergabung. Ajaklah dia melakukan sesuatu di rumah, sehingga orangtuamu bisa terkesan dengan tindakannya.

Tak perlu menunjukkan sikap yang romantis di hadapan orangtuamu, sebaiknya tetap jaga perilaku agar mereka bisa memberikan restunya. Sebab pasangan yang baik akan saling menjaga. Karenanya orangtuamu akan lebih memperhatikan sikap kalian berdua ketika sedang bersama. Jadi, pastikan kamu dan kekasih melakukannya dengan baik.

3. Duduk Bersama Mereka

Ketika kamu akhirnya memutuskan untuk memberi tahu orangtua tentang kekasihmu, ingatlah untuk mencari waktu yang tepat agar mereka dapat mendengarkan kamu.

Misalnya ketika kedua orangtuamu sedang bersantai dan tidak sedang membicarakan hal-hal yang rumit. Rencanakan dan latih terlebih dahulu apa yang ingin kamu sampaikan kepada mereka. Bayangkan kemungkinan reaksi mereka dan bersiaplah untuk menjawab pertanyaan mereka dengan tenang dan tetap santai.

Jangan berdebat dan memaksakan kehendakmu karena ini hanya akan membuat mereka meragukan keputusanmu untuk menjalin hubunga yang serius. Ingatlah bahwa pada awalnya mereka mungkin meragukan hubungan tersebut tetapi kamu harus tetap berusaha untuk meyakinkannya.

Ketiga cara ini sangat efektif untuk mengenalkan kekasihmu pada orangtua. Tak pelu ragu karena kamu hanya perlu berusaha. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak