facebook

4 Tanda Kamu sedang Jalin Hubungan Asmara dengan Pria Narsistik, Haus Pujian!

Susanti ..
4 Tanda Kamu sedang Jalin Hubungan Asmara dengan Pria Narsistik, Haus Pujian!
Ilustrasi pria narsistik (pexels.com/Misha Earle)

Narsistik merujuk pada kepribadian yang merasa kalau dirinya patut jadi pusat perhatian dan layak dikagumi banyak orang. Menjalin hubungan dengan pria seperti ini penuh tantangan, karena sangat rentan mengarah pada hubungan asmara yang gak imbang.

Terus, gimana cara mengecek apakah pasanganmu saat ini termasuk pria narsistik atau bukan? Untuk mengetahuinya, berikut akan diulas beberapa tanda yang bisa kamu cermati. Mari disimak.

1. Haus pujian

Tak bisa dimungkiri, semua orang pasti suka dipuji. Bedanya dengan pria narsistik, pujian sudah seperti kebutuhan dasar dalam hidup. Itu sebabnya, dia suka marah kalau melakukan hal baik atau melakukan hal-hal yang menurutnya layak mendapatkan apresiasi, tapi tidak kamu lakukan.

Hal ini pula yang membuat menjalin hubungan dengan pria narsistik bisa sangat menantang. Pria narsistik yang merasa tidak mendapat kebutuhannya untuk dipuji dari pasangannya akan mencarinya di tempat lain alias berselingkuh. Jadi, orang yang narsis memang rentan sekali melakukan perselingkuhan.

2. Haus atensi

Ciri lain dari pria narsistik, adalah haus atensi. Pesta gak akan lengkap tanpa dirinya, itu yang ada dalam benaknya. Kamu bisa melihat dari sikapnya yang tampak seperti orang paling penting di dunia ini.

Gak jarang demi atensi, ia sampai berbohong atau membesar-besarkan pencapaiannya. Baginya, atensi seperti pujian, yakni sudah menjadi kebutuhan dasar.

3. Terlalu mementingkan citra

Tanda selanjutnya dari pria narsistik, adalah terlalu mementingkan citra. Baginya, image merupakan hal paling utama. Inilah alasan kenapa pria narsistik terkadang sampai menyulitkan dirinya sendiri demi membangun citra baik. Sebagai contoh, demi dianggap orang yang kaya raya, ia rela terjerat utang sana-sini.

4. Cinta dimaknai dengan materi

Orang yang narsis biasanya sulit sekali menangkap kebutuhan emosional dari pasangannya. Baginya, yang namanya cinta berarti memberikanmu hadiah, membayarkan kencan, atau diungkapkan lewat hubungan seksual. Tapi kalau sudah menyangkut urusan emosional, umumnya mereka akan kurang tanggap.

Hal ini disebabkan rasa cinta hanya ditujukan pada dirinya sendiri. Alasan inilah kenapa pria narsistik sering tak sadar dengan berbagai perilaku yang menyakiti hati pasangannya. Gak peka!

Itu dia beberapa ciri dari pria narsistik. Gimana, apakah pasanganmu memiliki tanda-tanda tadi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak