facebook

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat agar Tidak Salah Pilih

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat agar Tidak Salah Pilih
Ilustrasi mahasiswa (pixabay.com)

Saat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, biasanya banyak dari kita yang merasa kebingungan untuk menentukan pilihan ditengah banyaknya jurusan perkuliahan serta minimnya pengetahuan tentang ragam jenis jurusan perkuliahan tersebut. Selain itu Adapula yang merasa takut jika nantinya jurusan yang diambil tidak sesuai dengan ekspektasi, sehingga memilih mundur ditengah jalan karena tidak mampu untuk melanjutkan studi. Nah, daripada bingung dan menyesal nantinya, mari kita simak lima tips untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, berikut ulasannya.

1. Temukan Minat dan Bakatmu

Setiap orang pasti memiliki minat dan bakatnya masing - masing, dan hal itu dapat kamu temukan sejak masih di bangku SMA. Contohnya begini, jika kamu memiliki hobi atau suka dengan pelajaran biologi, kamu dapat memilih jurusan MIPA biologi ataupun FKIP biologi. Sedangkan bagi kamu yang tertarik dengan dunia kesehatan bisa memilih jurusan kedokteran, keperawatan, kebidanan, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan lain sebagainya. Nah minat dan bakat ini akan membantumu untuk cepat menyesuaikan diri dengan materi perkuliahan, sehingga kamu tidak akan menyesal nantinya.

2. Pahami Jurusan yang Memiliki Prospek Kerja Bagus

Selain memilih jurusan kuliah sesuai  dengan minat dan bakat yang kamu miliki, kamu juga harus melihat dari sisi prospek kerja. Karena nantinya ketika kamu sudah lulus dari perkuliahan, tentu kamu akan mengutamakan mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu. Oleh karena itu memilih jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus juga termasuk hal yang perlu dipertimbangkan.

3. Pahami Jurusan yang Akan Kamu Pilih

Jika kamu sudah mendapatkan gambaran tentang jurusan yang akan kamu pilih, maka langkah selanjutnya adalah memahami jurusan tersebut. Kamu dapat melakukan riset tentang apa saja materi perkuliahan yang nantinya akan kamu ikuti, bagaimana prakteknya, serta berbagai biaya yang akan kamu keluarkan nantinya.

4. Bandingkan Jurusan yang Akan Kamu Pilih dari Berbagai Macam Perguruan Tinggi

Kamu dapat membandingkan jurusan yang akan kamu ambil dari berbagai perguruan tinggi mengenai akreditasi, biaya perkuliahan, serta jarak tempuh. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa jurusan dari perguruan tinggi yang kamu ambil nantinya tidak akan akan memberatkanmu serta orang tuamu.

5. Jangan Ikuti Gengsi

Banyak para calon mahasiswa sekarang keburu memilih jurusan kuliah karena mengikuti gengsi, misalnya hanya ingin kuliah di universitas yang besar saja, perguruan tinggi negeri, harus di ibukota, ataupun harus di jurusan yang dianggap High Class. Mungkin di awal perkuliahan hal ini akan membuatmu menjadi berbangga diri. Namun, banyak yang akhirnya menyesal setelah tahu bahwa jurusan tersebut terlalu berat baginya, terlalu jauh jarak tempuhnya, atau bahkan terlalu mahal biayanya. 

Itulah 5 tips memilih jurusan kuliah yang tepat. Intinya pilihlah jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, prospek kerja yang bagus, biaya, serta jarak tempuhnya. Semoga bermanfaat bagi para calon mahasiswa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak