facebook

Bukan Terlalu Santai, 4 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Tidak Ingin Menikah

Keza Felice
Bukan Terlalu Santai, 4 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Tidak Ingin Menikah
Ilustrasi wanita (Pexels)

Seiring bertambahnya usia, setiap orang mencapai tonggak tertentu dalam hidup mereka, termasuk menyelesaikan pendidikan, mendapatkan pekerjaan, mencari pasangan, menikah, dan berbagai tahapan lain yang biasa dialami oleh kebanyakan orang. Sayangnya di saat teman-temanmu telah berkeluarga dan kamu sering kali mendapatkan tekanan dari orang-orang sekitar untuk segera menikah,  tetapi kamu justru tetap merasa santai dan tidak ambil pusing akan hal tersebut. 

Kamu bahkan tidak mengkahwatikan masa depanmu tanpa pasangan dan menganggapnya sebagai hal yang biasa. Namun, sadarkah kamu bahwa ini ternyata bukan karena kamu yang terlalu santai? Ada beberapa tanda bahwa ternyata kamu tidak ingin menikah dan semestinya ini segera diatasi.

Berikut keempat tanda tidak ingin menikah seperti disadur dari Mom Junction, Senin (04/07/2022).

1. Kamu Sama Sekali Tidak Mengerti Tujuan Pernikahan

Kamu memang telah menemukan cinta dalam hidupmu dan merasa bahagia bersama dengannya. Semuanya berjalan lancar sampai kamu merasa bahwa pernikahan tidak diperlukan dalam kehidupanmu. Kamu beranggapan bahwa tanpa pasangan yang secara resmi menjadi pendampingmu, kehidupanmu akan tetap baik-baik saja seperti biasanya.

Bagimu pernikahan adalah hal yang tidak perlu dilakukan dalam hidup. Bahkan, kamu sama sekali tidak mengerti tujuan pernikahan selain untuk mempunyai pasangan saja. 

2. Kamu Berpikir Tidak akan Mampu Menikah

Pernikahan merupakan urusan yang tidak gampang dan terbilang ‘mahal’. Perayaan satu hari dapat membuat kamu menghemat banyak uang. Kamu merasa bisa menggunakan uang itu untuk liburan eksotis atau membeli rumah untuk diri sendiri.

Sepanjang waktu kamu terus berpikir demikian dan membayangkan bahwa pernikahan hanya akan menghamburkan uangmu. Urusan rumah tangga juga hanya akan merepotkan serta menyita banyak waktu.

Dengan pemikiran semacam ini akhirnya kamu merasa bahwa menikah adalah hal yang tak akan mampu dilakukan. Dan jika berkelanjutan, ini menjadi tanda bahwa kamu tidak ingi menikah.

3. Bahagia dengan Dirimu Sendiri

Beberapa orang menikmati kebersamaan mereka sendiri. Kamu mungkin seorang yang tidak tertarik pada persahabatan, sehingga pernikahan tidak memiliki tempat dalam hidup kamu. Kamu merasa bahwa dengan menjalani kehidupan ini sendirian maka semuanya akan baik-baik saja dan tetap bahagia.

Kamu merasa bahwa sendiri adalah hal yang baik dan cukup menyenangkan. Sehingga kamu tidak berpikir untuk menikah dan mempunyai pasangan.

4. Kamu Takut Komitmen

Kamu adalah pasangan yang setia, tetapi gagasan untuk berkomitmen pada satu orang membuat kamu takut. Kamu ternyata fobia komitmen, jadi pernikahan tidak sesuai dengan keinginan kamu. Ada kekhawatikan akan diduakan, diabaikan, atau takut tak lagi mempunyai kebebasan. Dengan begini kamu akan terus merasa bahwa pernikahan adalah hal yang tidak penting.

Apakah kamu merasa mempunyai beberapa tanda ini? Jika kamu merasa bahwa ini akan menjadikan kehidupanmu kurang baik, tak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada ahlinya sehingga kamu dapat mempunyai pasangan di kemudian hari. Dan kamu juga tidak perlu memaksakan kehendak bila memang belum siap untuk  menikah dalam waktu dekat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak