facebook

Awas! Ini 3 Kesalahan Masa SMA yang Akan Kamu Sesali Hingga Dewasa

Oktavia Ningrum
Awas! Ini 3 Kesalahan Masa SMA yang Akan Kamu Sesali Hingga Dewasa
Ilustrasi perempuan sedih (Freepik.com/lookstudio)

Memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), tentu seseorang telah berada pada masa remaja akhir menuju kedewasaan. Kalau orang bilang, masa SMA adalah masa pencarian jati diri dan masa-masa terindah. Namun, tak jarang SMA juga menjadi masa terberat, dimana remaja yang beranjak dewasa mulai mendapatkan tekanan di berbagai sisi. Selain itu, masa ini juga rawan akan hilangnya jati diri dan arah hidup.

Berikut, tiga kesalahan masa SMA yang sebisa mungkin kamu antisipasi agar tidak menyesal di kemudian hari!

Daftar kesalahan masa SMA

1. Belum siap akan perbedaan

Di masa ini, kamu akan melihat secercah cahaya dunia orang dewasa. Perbedaan dari karakter, kebiasaan, latar belakang, dan lain sebagainya. Belum lagi ditambah emosi yang cenderung masih labil dan rasa mengkritisi cukup tinggi, kebanyakan mungkin akan merasa kaget atau belum siap menghadapi semua hal tersebut.

Keadaan yang tak siap menerima berbagai perbedaan di kenyataan tersebut bisa mengakibatkan kebingungan cara menghadapi dan bersikap, sikap yang cenderung denial hingga ekstrem, ketidakacuhan pada sekitar, hingga rasa insecure yang dapat mengarah pada stres dan depresi. Oleh karena itu, amat penting untukmu yang akan menjalani masa ini bersiap menghadapi perbedaan yang ada di sekitar nanti.

2. Mudah percaya dan Oversharing

Masa SMA dipenuhi dengan berbagai macam tipe manusia. Ada yang lugu dan polos, namun ada juga yang bisa dibilang cukup badung hingga punya kemampuan memanipulasi lawan komunikasinya. Entah masih terbawa sifat anak-anak yang ceria dan suka bercerita pada sembarang orang, tak jarang justru hal seperti ini akan menjadi boomerang di masa mendatang.Di masa ini juga lah rawan tersebar hal-hal toxic. Dan tentunya kamu harus pandai memilah dan peka untuk segera menyadari mana tindakan yang tak seharusnya dan harus kamu hindari. Jangan menceritakan hal-hal pribadi sebelum kamu yakin dan tahu jika seseorang tersebut dapat dipercaya.

3. Masih terpaku pada nilai rapot

Di masa ini, bukan lagi saatnya kamu terpaku pada nilai di rapot atau lembaran ijazah. Nilai itu penting, tapi terlalu terpaku di sana juga bukanlah hal baik. Ini saatnya kamu mulai mencari passion atau spirit di hidupmu. Apa tujuanmu, apa yang membuatmu semangat,  kemana arah yang ingin kamu tuju, dan bagaimana cara mencapai tujuan yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu kelabakan di akhir karena belum tahu passion dan arah tujuanmu setelah lulus dari SMA. Selain itu, kamu jadi melupakan hal-hal produktif yang bisa kamu lakukan sejak masa yang emas ini.

Itulah kesalahan masa SMA yang bisa membuatmu menyesal hingga dewasa. Hati-hati ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak