facebook

4 Alasan Kamu Tidak Perlu Selalu Merasa Bahagia, Sedih Itu Normal!

Susanti ..
4 Alasan Kamu Tidak Perlu Selalu Merasa Bahagia, Sedih Itu Normal!
Ilustrasi wanita sedih (pexels.com/Polina Zimmerman)

Memang benar, sebisa mungkin kita selalu menjaga aura positif. Meski begitu, bukan berarti kamu harus selalu terlihat bahagia, lho. Berikut akan dijelaskan empat alasan kamu tak perlu selalu merasa bahagia. Mari kita simak ulasannya lebih lanjut.

1. Merasakan emosi negatif bisa membuat kehidupanmu jadi lebih baik

Salah satu alasan kenapa kamu gak perlu harus selalu merasa bahagia, yaitu justru dengan merasakan emosi negatif bisa membuat kehidupanmu jadi lebih baik. Misalnya saja, kamu sedih dengan kondisi hubungan cintamu yang berantakan.

Karena gak mau perasaan seperti itu terus-menerus terjadi, kamu pun bertekad untuk membicarakan dengan pasangan dan memperbaikinya. Justru perasaan tidak nyaman inilah yang akan mendorong kehidupan cintamu jadi lebih baik.

2. Perasaan sedih itu normal

Alasan lain kenapa gak perlu berpura-pura bahagia, yaitu perasaan sedih sebenarnya normal. Ketika kamu menangis karena hubungan asmaramu kandas, hal itu wajar. Bukan cengeng atau meratapi nasib. Kecuali kalau galaunya sudah terlalu lama.

Oleh sebab itu, jangan merasa buruk ketika kamu mesti mengambil waktu menyendiri karena sedang merasa sedih. Itu hal normal, kok.

3. Memendam perasaan hanya akan menambah beban mental

Orang yang berpura-pura bahagia biasanya berusaha memendam emosi negatifnya agar dari luar kamu selalu tampak baik-baik saja. Kebiasaan ini gak baik, lho, bagi kesehatan mental.

Sering memendam perasaan hanya akan menambah beban mental. Harusnya kamu bisa segera pulih dari kekecewaan atau sakit hati, akhirnya gak sembuh-sembuh karena perasaanmu terus ditekan, bukan diekspresikan.

4. Membuatmu kurang empati

Sering memaksakan diri untuk senantiasa terlihat bahagia bisa membuatmu jadi manusia mati rasa. Gak ada empati terhadap kesedihan yang dirasakan orang lain akibat sudah terbiasa untuk berpura-pura bahagia.

Justru dari kesedihan yang kamu alami, dan berbagai ujian yang dilewati itulah bisa menambah kepekaan. Kamu jadi memahami apa yang sedang dirasakan orang lain, karena pernah mengalaminya juga. Maka dari itu, kalau sedih gak perlu ditahan-tahan, ya.

Itu dia empat alasan kenapa kamu gak perlu harus selalu merasa bahagia. Merasa sedih dan emosi negatif lainnya itu wajar, kok.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak