facebook

4 Cara Menjaga Kebersihan Tempat Tidur yang Wajib Kamu Ketahui

Sapta Stori
4 Cara Menjaga Kebersihan Tempat Tidur yang Wajib Kamu Ketahui
Ilustrasi tempat tidur (unsplash.com/Greg Rivers)

Saat kamu merasa letih dan ingin beristirahat, merebahkan diri di tempat tidur tentu kerap menjadi pilihan. Berbaring di tempat tidur hingga terlelap menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menyingkirkan rasa lelah. Tempat tidur haruslah menjadi tempat paling nyaman bagi penghuni kamar. Oleh karena itu, sangat penting menjaga tempat tidur untuk tetap bersih dan rapi. Berikut empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

1. Mengganti seprai dan sarung bantal secara teratur

Apa yang akan terjadi jika kamu jarang mengganti seprai dan sarung bantal? Tentunya hal tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam kamar, sehingga mengganggu kenyamanan dan berdampak tidak baik untuk kesehatanmu. Sama seperti kamu yang butuh untuk berganti baju, seprai dan sarung bantal juga harus diganti dan dicuci secara teratur.

2. Menjemur perlengkapan tidur

Selain mengganti seprai dan sarung bantal, jangan lupa untuk menjemur perlengkapan tidurmu seperti kasur dan bantal. Setelah dirasa cukup terpapar sinar matahari, tepuk-tepuklah kasur dan bantalmu untuk menyingkirkan debu yang bisa mengganggu pernapasan.

Menjemur bantal dan kasur dapat menyingkirkan kuman-kuman yang bersarang dan mencegah agar perlengkapan tidurmu tidak lembap. Tak hanya itu, bantal dan kasur yang sudah kempis setelah lama dipakai juga akan kembali menggembung dan lebih nyaman untuk digunakan.

3. Membersihkan bagian bawah tempat tidur

Tak jarang, bagian bawah tempat tidur menjadi titik yang terlewatkan saat membersihkan kamar. Jika kamu memiliki ranjang di kamar tidurmu, jangan lupa untuk membersihkan kolong ranjangmu. Pun, jika tempat tidurmu tanpa ranjang, pastikan kamu juga membersihkan lantai atau karpet yang menjadi alas kasurmu.

4. Jangan lupa untuk merapikan tempat tidur setelah bangun pagi

Bukan hanya akan terlihat rapi dan indah, merapikan tempat tidur adalah kebiasaan baik yang akan membuat hidupmu lebih teratur dan menyingkirkan rasa penat. Bayangkan jika kamu pulang ke rumah dan melihat tempat tidurmu masih berantakan karena belum dirapikan sejak pagi, rasa lelahmu pasti akan jadi berkali-kali lipat.

Demikian empat cara menjaga kebersihan tempat tidur. Tempat tidur yang bersih akan membuatmu nyaman ketika beristirahat dan turut memelihara kualitas tidurmu. Jadi, jangan malas untuk membersihkan tempat tidurmu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak