facebook

4 Langkah Menghadapi Tetangga Menyebalkan, Berusaha Ambil Hatinya!

Susanti ..
4 Langkah Menghadapi Tetangga Menyebalkan, Berusaha Ambil Hatinya!
Ilustrasi bertetangga.[pexels.com/Tima Miroshnichenko]

Kalau bisa memilih, tentunya siapa pun ingin mendapatkan tetangga yang baik, bukan? Tetangga yang pengertian dan perhatian, serta dapat diandalkan. Sayangnya, terkadang realitas jauh dari harapan. Bukannya mendapat tetangga yang baik, kamu malah mendapatkan tetangga menyebalkan.

Nah, jika kebetulan kamu bernasib kurang beruntung dapat tetangga menyebalkan, berikut akan diulas beberapa tips menghadapinya. Mari kita simak sama-sama.

1. Berusaha ambil hatinya

Terkadang kita terlalu terburu-buru dalam mengambil kesimpulan. Bisa jadi tetangga yang menyebalkan bukan disebabkan sifatnya yang memang bikin kesal. Akan tetapi, disebabkan dia belum begitu mengenalmu, dan kamu pun belum begitu mengenal mereka.

Cobalah untuk mendekati mereka, berusaha saling mengenal lebih jauh. Siapa tahu, nantinya ternyata ada banyak kesamaan yang bisa membuat kalian dekat. Dan kalau sudah dekat seperti ini, sekalipun dia memiliki perilaku yang menyebalkan bisa lebih mudah disampaikan. Karena dia jadi tahu bahwa kamu menyampaikannya bukan dengan niatan jahat.

2. Bicarakan baik-baik

Apakah tetanggamu sering menyetel musik keras-keras sampai sering mengganggu waktu istirahat? Kita memang gak bisa berharap semua orang bisa peka. Ada pula tipe orang yang gak sadar kalau gak diberitahu.

Untuk itu, sebelum kamu marah-marah atau menuduhnya macam-macam, coba deh bicarakan baik-baik pada yang bersangkutan. Boleh jadi ternyata dia gak sulit, lho. Sekali dibilangin sudah paham, dan besok-besoknya gak melakukan itu lagi.

3. Berikan makanan

Salah satu adab bertetangga, adalah kerap menghantarkan makanan. Hal ini dilakukan selain untuk berbagi, juga demi membina hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya.

Nah, kalau ada tetangga yang menyebalkan, coba deh kamu lakukan ini. Siapa tahu hatinya akan melunak dan jadi bisa bersikap lebih ramah padamu.

4. Tak perlu ambil pusing

Bila sudah ditempuh cara baik-baik tapi tetanggamu masih juga menyebalkan, abaikan saja. Jangan ambil pusing. Terlalu dekat dengannya jangan, tapi bermusuhan pun tak perlu. Terserah deh mereka mau berperilaku kayak apa. Toh, nama mereka juga yang bakal buruk kalau sering bersikap menyebalkan.

Apakah kamu punya tetangga menyebalkan? Semoga dengan tips di atas cukup membantu dalam menghadapinya, ya. Ingat, gak perlu pakai emosi!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak