facebook

4 Tips agar Kamu Menjadi Pribadi Lebih Ikhlas, Hidup Jadi Lebih Damai!

Susanti ..
4 Tips agar Kamu Menjadi Pribadi Lebih Ikhlas, Hidup Jadi Lebih Damai!
Ilustrasi wanita di tengah bunga matahari (unsplash.com/Rodolfo Sanches Carvalho)

Hidup memang penuh dengan kejutan. Ada kalanya tanpa disangka-sangka kamu mendapat ujian berupa peristiwa tidak mengenakkan. Atau bisa pula dalam bentuk perlakuan yang tak menyenangkan dari orang sekitar. Hidup akan semakin berat dijalani apabila kamu sulit berlaku ikhlas. Selalu menyimpan dendam atau gak berpaling dari kesedihan. Nah, agar bisa jadi pribadi yang lebih ikhlas, berikut empat tips yang dapat kamu coba.

1. Lihat dari sisi positifnya

Harus diakui, ketika mendapat ketidakberuntungan rasanya sulit sekali untuk berpikir positif. Namun, langkah ini penting dilatih supaya hidupmu bisa tenang. Ingat, lho, namanya ujian, ataupun hal-hal yang tidak sesuai harapan sudah lumrah terjadi dalam hidup.

Maka itu, tinggal bagaimana kita menyikapinya aja supaya hal yang berat gak semakin terasa jadi beban. Di antaranya dengan melihat sisi positifnya.

It’s okay kalau hubungan cintamu saat ini belum berhasil. Jika ingin menangis, menangislah. Tapi, setelah itu ambil hikmahnya. Dari kegagalan hubungan yang lalu setidaknya bisa membuatmu sadar bahwa ternyata selama ini kamu pasangan yang egois. Kalau gak mengalami kegagalan kemarin, mungkin hingga hari ini kamu belum juga sadar-sadar.

2. Berbuat salah itu manusiawi

Di antara hal yang kerap bikin hati gak tenang, adalah terbayang dengan perbuatan salah yang dulu pernah dilakukan. Agar hati jadi lega, maka ikhlaslah dengan menyadari bahwa semua manusia itu pasti pernah melakukan kesalahan.

Dengan menerima fakta ini, kamu akan lebih mudah memaafkan diri sendiri, sehingga peristiwa pahit gak selalu membayangi.

3. Tenangkan pikiran

Kamu akan sulit sekali melepaskan emosi negatif kalau pikiran selalu sibuk. Cobalah latih menenangkan pikiran, misalnya dengan rutin melakukan meditasi atau berlatih teknik pernapasan ketika pikiran rasanya sedang mumet.

Pikiran yang tenang akan memudahkanmu untuk berpikir lebih objektif, lho. Termasuk dalam bersikap ikhlas untuk melepaskan berbagai kekecewaan yang dialami.

4. Terima fakta gak semua hal dalam kendalimu

Kamu akan bisa bersikap ikhlas kalau menerima kenyataan jika gak semua hal yang terjadi dalam hidup ini selalu dalam kendali. Dengan menanamkan kesadaran seperti ini, kamu gak akan mudah terpuruk apabila kenyataan gak terjadi sesuai dengan harapan.

Itulah empat tips agar kamu menjadi pribadi lebih ikhlas. Coba langkah-langkah tadi, ya, supaya bisa lebih ikhlas. Hidup jadi bisa dijalani dengan lebih damai!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak