facebook

3 Cara Menjaga Fasilitas Umum dan Ruang Publik

Sapta Stori
3 Cara Menjaga Fasilitas Umum dan Ruang Publik
Ilustrasi taman (unsplash.com/Ignacio Brosa)

Fasilitas umum dan ruang publik merupakan sarana dan prasarana yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Siapa pun boleh berada di sana dan menggunakan fasilitas tersebut sesuai dengan utilitasnya.

Pada dasarnya, menjaga fasilitas umum dan ruang publik bukan hanya tugas pengelola, melainkan menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pengguna fasilitas tersebut. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk turut menjaga fasilitas umum dan ruang publik, di antaranya:

1. Membuang sampah pada tempatnya

Walau terdengar sepele, nyatanya membuang sampah pada tempatnya masih menjadi perkara yang membutuhkan banyak latihan dan kesadaran. Padahal, umumnya ruang publik sudah menyediakan tempat sampah.

Satu orang yang membuang sampah sembarangan akan memancing orang lain untuk melakukannya juga. Akibatnya, fasilitas umum atau ruang publik akan dipenuhi sampah pengunjung, sehingga tidak lagi nyaman untuk digunakan.

2. Gunakan fasilitas umum dengan baik

Tak jarang, kita mendengar kasus pencurian barang-barang yang ada di ruang publik, seperti pencurian bangku taman, lampu-lampu penerangan, dan lain-lain. Kasus vandalisme yang merusak ruang publik juga sering terjadi.

Pergunakanlah fasilitas umum dengan baik dan jangan sampai kita merusaknya. Hindari membuat coretan-coretan yang bisa merusak fasilitas umum. Pun, jangan pernah terpikir untuk mengambil sesuatu yang bukan hak kita di tempat tersebut.

3. Perhatikan aturan dan larangan yang berlaku

Meskipun fasilitas umum dan ruang publik bebas untuk digunakan semua orang, tapi kita juga harus tetap memperhatikan aturan dan larangan yang berlaku di tempat tersebut. Jangan sampai kita mengabaikan dan melanggarnya.

Misalnya saja, ketika kita sedang berkunjung ke sebuah taman. Perhatikan apakah ada larangan menginjak rumput atau aturan tertentu di tempat tersebut. Contoh lainnya saat menggunakan kendaraan umum, seperti kereta atau bus. Tertiblah dalam menggunakan fasilitas-fasilitas di dalamnya. Cermati juga aturan khusus yang harus ditepati, seperti penggunaan kursi prioritas atau fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Demikian tiga cara yang bisa kita lakukan untuk turut menjaga fasilitas umum dan ruang publik. Hendaknya kita menggunakan dan menjaga tempat-tempat tersebut dengan baik, agar kita tetap bisa merasa nyaman menggunakannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak