facebook

4 Perilaku Sederhana Ini Membuktikan Kamu Rendah Hati, Pertahankan Terus!

Susanti ..
4 Perilaku Sederhana Ini Membuktikan Kamu Rendah Hati, Pertahankan Terus!
Ilustrasi wanita tersenyum (freepik.com/lookstudio)

Sikap rendah hati termasuk sulit diterapkan apabila kamu memiliki banyak alasan untuk sombong. Misalnya, punya harta melimpah, status sosial terpandang, miliki popularitas tinggi, pintar, dan berbagai keunggulan lainnya. Itu sebabnya, orang yang punya banyak alasan untuk arogan atau sombong, tapi mampu rendah hati patut diacungi jempol. Nah, berikut ini akan dibahas empat perilaku sederhana yang bisa jadi bukti kalau kamu ternyata sudah menerapkan sikap rendah hati, lho.

1. Semakin banyak harta, semakin banyak sedekah

Hal pertama yang bisa jadi tanda kalau kamu rendah hati, dan harta yang banyak tidak membuat silau, yaitu rajin sedekah. Semakin banyak harta yang kamu punya, justru membuat jumlah yang disedekahkan semakin besar lagi.

Sikap dermawan ini timbul dari kesadaran bahwa harta hanyalah titipan Tuhan. Sehingga, setiap kali ada tambahan materi jiwamu gak sibuk dengan membeli ini-itu, melainkan menjadikan harta tersebut agar bisa bermanfaat.

2. Pintar dan mau mengajarkan

Perilaku selanjutnya yang bisa jadi bukti kalau kamu rendah hati, yaitu kepintaranmu bermanfaat bagi banyak orang. Kepintaranmu gak cuma disimpan sendiri, tapi dibagi-bagi dalam bentuk mengajarkan orang lain yang belum bisa.

Kamu gak pelit akan ilmu yang dipunya, dan hal inilah yang bikin banyak orang jadi semakin respek. Bisa saja kamu bersikap jemawa, tapi itu tidak kamu lakukan.

3. Tidak anti kritik

Orang yang tinggi hati biasanya egonya juga besar. Itu sebabnya, orang yang sombong umumnya susah sekali menerima kritik, karena menurutnya dia selalu benar.

Orang yang tidak anti kritik bisa jadi bukti kerendahan hati. Karena memang sejatinya kritikan tidak selalu buruk. Justru kritikan itu penting sebagai upaya pengembangan diri.

4. Bersikap sopan ke siapa saja

Orang yang sombong biasanya pilih-pilih dalam bersikap manis. Sikap manisnya hanya ditujukan ke orang-orang yang menurutnya layak. Misalnya, ke para pejabat, selebritis, atau kalangan yang menurutnya high class.

Sementara orang rendah hati tidak seperti itu. Ke siapa saja selalu berlaku sopan dan baik. Karena memang sejatinya materi, ataupun indikator-indikator kesombongan tak patut untuk membuat seseorang merasa lebih di atas.

Nah, itulah empat perilaku sederhana yang bisa jadi bukti kalau kamu sudah menerapkan sikap rendah hati. Pertahankan terus, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak