facebook

5 Tips Penting yang Harus Diperhatikan agar Hubungan Persahabatan Bisa Awet

Santi Kartika
5 Tips Penting yang Harus Diperhatikan agar Hubungan Persahabatan Bisa Awet
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hubungan persahabatan yang telah ada harus tetap dijaga, meskipun kamu mungkin memiliki sahabat baru dalam hidupmu. Hubungan persahabatan harus tetap dijaga, sebab hubungan persahabatan bisa saja retak dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah karena tidak terjalinnya komunikasi yang intens dengannya.

Oleh karena itu, untuk menjaga hubungan persahabatanmu tetap awet, di bawah ini akan dipaparkan 5 tips penting yang harus diperhatikan agar hubungan persahabatanmu bisa awet.

1. Banyak menghabiskan waktu bersama

Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Helena Lopes)
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Helena Lopes)

Salah satu cara agar persahabatan bisa awet adalah sering menghabiskan waktu bersama. Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin akan memiliki sahabat baru, tetapi kamu harus tetap menjaga hubungan persahabatan dengan sahabat lama kamu.

Circle pertemananmu boleh saja semakin besar, tetapi kamu harus tetap menjalin komunikasi dan menghabiskan waktu dengan sahabat lamamu. Hal yang terpenting dari persahabatan adalah bukan soal kuantitas atau banyaknya sahabat yang kamu miliki, tetapi kualitaslah yang harus diutamakan.

2. Memiliki jadwal bertemu yang rutin

Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/ELEVATE)
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/ELEVATE)

Untuk tetap menjaga agar hubungan persahabatan tetap awet, kamu disarankan untuk memiliki jadwal rutin yang dilakukan bersama. Misalnya kamu memiliki agenda makan malam bersamanya setiap bulan, dan lain sebagainya.

Agenda rutin yang dijalankan bersama tersebut akan mempererat hubungan persahabatan yang kamu miliki, sehingga persahabatan akan lebih awet.

3. Berkomunikasi intens dengan sahabat

Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/YURI MANEI)
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/YURI MANEI)

Berkomunikasi intens di sini maksudnya adalah kamu terus menjalin komunikasi dengannya secara rutin. Kamu bisa berkomunikasi melalui aplikasi chatting, berkirim pesan secara intens, atau meneleponnya.

Menjalin komunikasi secara intens seperti ini akan membuat hubungan persahabatanmu semakin awet, karena adanya komunikasi dua arah dan komunikasi yang terjalin baik di antara kalian.

4. Memaafkan sahabat apabila mereka belum menjadi sahabat yang sempurna

Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Elina Fairytale)
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Elina Fairytale)

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga kamu dan sahabatmu. Kamu harus memahami dan memaafkan apabila sahabatmu mungkin belum bisa menjadi sahabat yang sempurna untukmu. Kamu harus bisa menerima hal tersebut.

Sikap menerima (acceptance) tersebut juga bisa menjadi kunci dari awetnya hubungan persahabatanmu.

5. Memperhatikan hal-hal kecil yang bisa mempererat hubungan persahabatan

Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/fauxels)
Ilustrasi persahabatan (Pexels.com/fauxels)

Hal-hal kecil di sini maksudnya adalah kamu memperhatikan hal-hal kecil yang bisa mempererat hubungan persahabatanmu. Misalnya adalah kamu mengingat ulang tahunnya dan kemudian memberikan surprise dan hadiah untuknya. Hal-hal kecil seperti itu akan membuatnya merasa bahwa kamu memang peduli padanya dan tidak melupakan momen penting dalam hidupnya.

Itu tadi adalah 5 tips penting yang bisa dilakukan agar kamu memiliki hubungan persahabatan yang awet. Dari kelima tips tersebut, mana yang sudah kamu jalankan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak