facebook

Bikin Bahagia, Ini 4 Manfaat Berani Berkata Tidak

Berliana Dyah Ayu Tasya
Bikin Bahagia, Ini 4 Manfaat Berani Berkata Tidak
Ilustrasi berkata tidak (Pexels.com/Vie Studio)

Apakah kamu orang yang nggak enakan dan terus mengiyakan setiap permintaan bantuan? Kamu sampai kewalahan ketika terlalu banyak membantu orang lain. Mungkin kamu punya niat baik untuk membantu sesama, namun berakhir kecewa karena kebaikanmu malah dimanfaatkan dan tidak dihargai.

Adakalanya kita perlu untuk menolak ketika ada yang meminta bantuan pada kita. Kita harus mulai belajar berkata tidak untuk setiap hal yang berkemungkinan merugikan diri sendiri. Dengan mulai memberanikan diri berkata tidak, akan ada beberapa manfaat yang kita dapatkan.

1. Berkurangnya beban

Dengan berani berkata tidak pada permintaan yang merugikan diri sendiri, maka mulai berkuranglah beban yang selama ini membuat kita kewalahan.

Ketika selalu mengiyakan untuk membantu orang lain, biasanya kita akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pekerjaan yang ujungnya membuat diri sendiri terbebani.

Maka dari itu, sebelum memutuskan membantu orang lain, perlu dilihat dulu apakah kita akan dengan senang hati melakukannya atau justru membebani diri agar nantinya tidak ada penyesalan.

2. Lebih dihargai

Mungkin dengan terus berbuat baik kepada sesama, kita juga akan diperlakukan dengan baik. Seperti kalimat nasehat yang sering kita dengar, "Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan."

Tapi pada nyatanya, ada orang-orang yang justru memanfaatkan kebaikan yang kita berikan. Ketika tahu bahwa kita tidak akan menolak mereka, maka mereka bisa seenak hati meminta kita membantunya.

Kita juga perlu untuk melihat orangnya terlebih dahulu dan mempertimbangkan apakah orang tersebut benar-benar membutuhkan bantuan kita atau orang itu hanya malas dan melimpahkan tanggung jawab mereka ke orang lain.

Ketika berani berkata tidak pada orang-orang yang hendak memanfaatkan kita, maka mereka akan berpikir ulang dalam meminta bantuanmu. Tunjukkan kebaikanmu kepada orang-orang yang tepat, maka dirimu akan lebih dihargai.

3. Terhindar dari hubungan toxic

Tanda-tanda ketika kita menjalani hubungan toxic diantaranya adalah ketika sering muncul emosi negatif saat berinteraksi. Emosi negatif tersebut seperti perasaan  rendah diri atau insecure, merasa tidak dihargai, merasa takut karena terus-menerus dipandang buruk dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Hubungan toxic ini tidak hanya bisa terjadi dengan pasangan, namun juga bisa dari hubungan pertemanan, atau bahkan di lingkungan kerja.

Dengan berani berkata tidak kepada orang-orang yang membuat kita terus merasakan emosi negatif tersebut, maka kita dapat terhindar dari hubungan toxic yang membahayakan diri.

4. Lebih bahagia

Setelah berani berkata tidak pada apapun yang merugikan diri, hidup kita menjadi lebih ringan, dihargai, dan tentunya tumbuh bersama orang-orang yang memberikan dampak positif untuk kita. Maka tentunya, tinggal  di tengah lingkungan yang baik dan mendukung membuat kita menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Itulah 4 manfaat berani berkata tidak yang akan kamu dapatkan. Mungkin untuk memulai berkata tidak memanglah sulit, namun demi hidup yang lebih baik tentunya kita harus mencoba memberanikan diri. Maka dari itu, agar hidup lebih bahagia, cintailah dirimu dengan mulai berkata tidak pada apapun yang merugikan diri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak