facebook

3 Tips Membentuk Sebuah Kebiasaan Baik, Ayo Terapkan!

oce blue
3 Tips Membentuk Sebuah Kebiasaan Baik, Ayo Terapkan!
Ilustrasi menulis.[Pixabay/PhotoMIX Company]

Membentuk sebuah kebiasaan baik bukanlah hal yang mudah dilakukan. Meski kelihatannya sangat mudah dan sepele, tapi saat kita mulai melakukannya, itu terasa sulit. Tapi tenang, di bawah ini ada 3 cara untuk membuat kebiasaan baik yang bisa kamu coba. 

1. Mempraktikannya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempraktikkan kegiatan tersebut secara rutin. Beri jadwal yang teratur untuk melakukannya. Hal ini bertujuan agar kita juga terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Contoh sederhananya tentang belajar. Seumpama kamu butuh waktu belajar 4 jam per hari, nah lakukan setiap hari selama 4 jam. Jika hal ini sudah bisa dilakukan selama satu bulan, tentunya bisa menjadi langkah awal untuk membentuk kebiasaan baik. Jangan mudah tergoda ataupun malas. 

2. Melakukannya secara berulang-ulang

Namanya sebuah kebiasaan pastinya kita sudah melakukannya dengan sering dan juga rutin. Jadi, jika kamu ingin membentuk kebiasaan baik lakukan secara berulang-ulang dan terus-menerus. Jangan mudah menyerah di tengah jalan. Jika kamu memang kesulitan melakukannya, ingatlah bahwa kebiasaan tersebut penting untuk kamu lakukan dan akan rugi jika kamu tidak melakukannya. Kamu harus memaksa dirimu untuk melakukan kebiasaan baik. Jangan biasakan dirimu menganggap bahwa jika kamu tidak melakukannya itu tidak masalah. Beri hukuman kecil kepada dirimu sendiri jika tidak bisa melakukan kebiasaan tersebut. Contoh sederhananya tidak ada makanan ringan satu hari. 

3. Butuh kesabaran

Terkadang rasanya pasti sangat membosankan melakukan hal yang sama secara berulang-ulang. Tapi memang demikian jika kita ingin membentuk sebuah kebiasaan. Harus bisa bersabar dan jangan sampai bosan-bosan melakukannya. Perlu kamu ketahui bahwa biasanya kesuksesan berasal dari hal-hal membosankan yang kita lakukan, tentunya sebuah hal yang baik. Jadi, konsisten itu juga sangat penting dalam membentuk sebuah kebiasaan. Hanya orang-orang hebat yang bisa melakukannya. 

Jika kebiasaan itu sudah terbentuk, rasanya pasti sangat lega dan tidak ada beban untuk melakukannya. Untuk mencapai hal tersebut, awalnya kita memang harus bisa melawan rasa bosan dan malas. Kamu harus menang menghadapinya. Percaya saja bahwa kebiasaan baikmu akan menumbuhkan hal hebat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak