5 Tips Mengelola Keuangan Anak Kos agar Bisa Bertahan 30 Hari

Ghifari FA
5 Tips Mengelola Keuangan Anak Kos agar Bisa Bertahan 30 Hari
ilustrasi bingung. (pexels/Andrea Piacquadio)

Mengelola keuangan sudah jadi kewajiban bagi anak kos agar bisa memenuhi biaya hidup selama satu bulan.  

Namun, banyaknya kebutuhan dan keinginan jadi masalah bagi anak kos, sehingga mengeluarkan biaya melebih budget yang ada. Dan akhirnya, keuangan di tanggal tua pun terasa sangat seret. 

Tidak sulit mengatur keuangan anak kos itu. Berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu langsung praktekan. 

1. Buat catatan keuangan dengan baik  

Ini sangat penting untuk kamu yang tinggal di kos baik sebagai mahasiswa atau sedang bekerja. Buatlah anggaran pengeluaran bulanan kamu agar dapat mengelola keuangan sesuai dengan catatan yang sudah dibuat. Hal ini dilakukan agar meminimalisir pengeluaran yang cukup besar dari pendapatan yang kamu miliki. 

2. Buat jatah pengeluaran harian 

Anak kos wajib sekali membuat jatah pengeluaran harian agar dapat memenuhi biaya hidup selama satu bulan. Misalnya, kamu membuat jatah pengeluaran hariannya sebesar Rp50ribu. Jumlah tersebut harus kamu habiskan dalam waktu sehari dan tidak boleh lebih. 

Kamu dapat menggunakan uang sebesar Rp50ribu itu untuk apapun sesuai dengan kebutuhan sehari-hari kamu. Jika dalam sehari ternyata kamu habiskan uang sebesar Rp75ribu, maka di hari berikutnya kamu harus mengeluarkan uang di bawah Rp50ribu dalam sehari. Hal ini dilakukan agar kondisi keuangan kamu tetap stabil. 

3. Menabung di awal bulan 

Ketika kamu baru mendapatkan kiriman dari orang tua, pastikan kamu menyisihkan sebagian uang yang didapat. Ketika kamu tinggal di sebuah kos, bisa saja suatu saat membutuhkan dana darurat.  

Untuk itu, perlunya menabung di awal bulan agar dapat memenuhi kebutuhan kamu di saat kondisi mendesak. 

4. Jangan tunda bayar tagihan 

Ketika kamu sudah tinggal di kos, baiknya jangan menunda bayar tagihan. Biasanya anak kos yang suka menunda bayar tagihan itu karena lupa dan uangnya sudah dipakai untuk kebutuhan lain. Sehingga tidak memiliki uang lagi untuk bayar tagihan. 

Jika  kamu masih suka menunda bayar tagihan, mulai dari saat ini kamu jangan lakukan itu lagi. Baiknya kamu langsung bayar jika ada tagihan yang datang seperti bayar kos, bayar listrik, dan lainnya. 

5. Membawa bekal sendiri 

Memasak sendiri di kos tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan kamu jajan di luar. Tidak usah malu bila kamu membawa bekal dan minuman dari kos ke tempat kuliah. Cara ini terbukti ampuh untuk kamu yang ingin menghemat pengeluaran bulanan.

Itulah 5 tips mengelola keuangan anak kos agar bisa bertahan selama 30 hari. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak