Hati-Hati, 4 Sikap Ini Bisa Membuat Kamu Kelelahan Mental

thiara chairun nisa
Hati-Hati, 4 Sikap Ini Bisa Membuat Kamu Kelelahan Mental
Ilustrasi kelelahan (Unsplash/Yuris Alhumaydy)

Pernahkah kamu merasa kelelahan tanpa sebab yang jelas? Atau mungkin suasana hati terasa sangat hampa hingga berat untuk kamu melewati hari-hari. Kamu gak sendirian, ada banyak orang yang juga pernah merasakan tahap itu.

Tanpa kamu sadari, kamu menyikapi suatu hal yang sebenarnya membuat mentalmu kelelahan. Apa aja, ya?

1. Terlalu memaklumi

Selama ini, kamu menerima segala bentuk perlakuan seseorang terhadap kamu. Kamu membantu semua orang yang meminta pertolongan.

Kamu dengarkan semua cerita pilu mereka. Bahkan kamu memaklumi tindakan buruk yang merugikan diri kamu. Semua kamu menganggap wajar karena memang begitulah seharusnya.

Kamu terus memberi toleransi pada orang-orang sekitar beserta keadaan yang ada, tanpa memikirkan diri kamu yang terus-menerus tenggelam dalam rasa sakit. Parahnya, alih-alih menyadari itu, kamu justru merasa bersalah ketika ingin memberontak.

2. Memaksakan tersenyum

Gak peduli apa pun masalah yang sedang dialami, kamu memutuskan untuk tetap terlihat tenang di hadapan orang-orang. Kamu memaksakan tersenyum hanya karena enggan menarik perhatian orang sekitar hingga membuat mereka bertanya-tanya dan cemas.

Pada akhirnya, kamu semakin kelelahan karena seluruh pedih yang kamu rasakan tertimbun cukup dalam. Semua rasa keterpurukan itu kamu paksakan hilang, padahal dia ada dan kian tumpang tindih.

3. Menghibur orang lain

Kamu terlalu fokus membuat orang tersenyum dan membantu mereka bangkit dari keterpurukan. Kamu selalu mencemaskan orang lain ketika kamu sendiri gak melakukan hal yang sama pada diri sendiri.

Kamu merasa bahwa itulah bentuk dukungan yang harus kamu lakukan. Padahal, sebenarnya kamu begitu karena kamu tau bagaimana rasanya diabaikan, dan kamu gak mau membiarkan orang lain merasakan hal itu.

4. Gak berusaha untuk sembuh

Kamu sibuk menyembuhkan luka orang lain tanpa memperhatikan lukamu sendiri. Kamu tau bahwa ada sesuatu yang seharusnya kamu sembuhkan, tapi kamu abaikan dan menganggap semua akan baik-baik saja.

Sayang sekali karena kamu terus memberikan semua waktu untuk orang lain sampai gak mempedulikan rasa sakit pada dirimu sendiri yang kian hari semakin melelahkan.

Ketika kamu membaca tulisan ini, mulailah untuk berhenti melakukan keempat hal tersebut. Hidup cuma sekali dan jangan isi itu dengan menimbun luka dalam diri. Beri waktu luang pada dirimu sendiri untuk rehat sejenak. Menahan itu melelahkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak