Do and Dont's yang Harus Kamu Ketahui saat Interview User, Jangan Gugup!

Priscilla Olga Salim
Do and Dont's yang Harus Kamu Ketahui saat Interview User, Jangan Gugup!
Ilustrasi Interview (Pixabay.com)

Selamat! kamu telah sampai ke tahapan Interview User, berarti perjalanan kamu tinggal beberapa langkah lagi nih. Namun jangan senang dulu, masih ada tahapan yang perlu kamu lewati. Bukan berarti kamu telah sampai ke tahapan Interview User berarti kamu sudah 100% diterima di perusahaan ini ya. 

Interview User merupakan tahapan akhir yang menghadapkanmu dengan pewawancara yang merupakan seorang User. User di sini bisa berarti calon atasan langsungmu, bisa juga merupakan petinggi dari perusahaan. Pastinya di tahapan ini kamu akan ditanyai lebih mendetail mengenai dirimu dan pengetahuan teknis di bidang yang kamu lamar. 

Hal yang harus kamu lakukan sebelum menjalankan Interview User adalah:

Baca Juga: 4 Dampak Negatif dari Good Girl Syndrome dan Cara Mengatasinya

1.Pahami mengenai garis besar perusahaan yang kamu lamar, mereka berfokus di bidang apa

Bagaimana bisnis proses yang mereka lakukan? Apa saja produk yang mereka hasilkan? Bagaimana dengan budaya perusahaan ini? Usahakan untuk mempersiapkan jawaban yang relevan. 

2. Pahami jobdesc dari posisi yang kamu lamar

Tentu saja sebagai calon atasan, User akan mencari tahu mengenai pengetahuanmu di posisi yang kamu lamar. Pahami jobdesc yang tertera, apa saja teknis yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Dan jangan lupa untuk gali pengalamanmu yang relevan dengan jobdesc ini. 

3. Persiapkan diri kamu sebelum memulai wawancara user

Ada baiknya sebelum melakukan wawancara, kamu mempersiapkan contoh pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan saat wawancara. Persiapan perlu dilakukan loh agar tidak gugup. 

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan seorang user berhubungan dengan pengalamanmu adalah pengalaman organisasi, magang, atau saat proses pengerjaan skripsimu.

Baca Juga: 5 Kegiatan Seru saat Jam Kosong Bersama Teman Sekelas, Dijamin Menyenangkan!

Melansir dari Muse, yang mereka harapkan dalam pertanyaan ini bukanlah pengalaman dan posisi yang luar biasa. Tetapi bagaimana kemampuanmu memaknai pengalaman ini, caramu mengatur waktu, beradaptasi dengan banyak orang, berkomunikasi dengan orang banyak, serta keinginanmu untuk berkembang dan belajar.

Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan, kita juga perlu mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan karena User tidak menyukai hal ini. 

Hal yang tidak boleh dilakukan saat Interview User

1. Terlalu show off 

Misalkan saja kamu memiliki segudang pengalaman organisasi, dan kamu menceritakan pengalaman ini dengan bangga. Namun saat ditanya balik secara rinci oleh user kamu malah tidak bisa menjawabnya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kerja Sampingan untuk Mahasiswa, Yuk Cari Uang dari Rumah

2. Berlebihan dan menjanjikan hal yang tidak mungkin dilakukan

Seringkali untuk memuaskan hati pewawancara, kita menjawabnya dengan berlebihan sehingga terkesan over promise. Misalkan saja kita diberi pertanyaan untuk menyelesaikan sebuah kasus, dengan yakin dan pasti kita memberi jawaban akan menyelesaikan kasus tersebut. 

3. Terlalu gugup

Hal terakhir yang diperhatikan User adalah attitude-mu. Baik wawancara yang dilakukan secara online maupun offline, User bisa melihat kegugupanmu. Apabila kamu gugup akan terlihat bicaramu yang terbata-bata dan tidak bisa menguraikan jawaban dengan baik.

Jadi kesimpulannya, untuk menghadapi Interview User, ada tiga hal penting yang perlu kamu lakukan, jadilah diri sendiri, persiapkan dirimu, dan jangan lupa berdoa. Semangat untuk para pencari kerja!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak