5 Negara Terkorup di Dunia, Ada Sudan Selatan hingga Korea Utara

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
5 Negara Terkorup di Dunia, Ada Sudan Selatan hingga Korea Utara
Ilustrasi korupsi (freepik.com)

Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2001, korupsi merupakan tindakan melawan hukum yang bertujuan untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korupsi juga dapat mengakibatkan kerugian terhadap negara atau perekonomian negara.

Dari undang-undang tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa praktik korupsi ini bisa merugikan orang lain hingga suatu negara. Nah, ada beberapa negara di dunia ini yang terkenal akan tingginya praktik korupsi hingga menyebabkan runtuh nya perekonomian negara tersebut. Berikut pembahasan tentang 5 Negara terkorup di dunia. 

1. Sudan Selatan

Negara yang baru terbentuk pada tahun 2011 dari Sudan ini mendapat predikat sebagai negara terkorup di dunia. Dalam Indeks Persepsi Korupsi, Transparency International, Sudan Selatan menunjukkan skala 11/100.

Korupsi yang terjadi di Sudan Selatan merambah pada semua sektor ekonomi, bahkan para aparatur negara juga berani melakukan praktik korupsi secara besar-besaran. Hasilnya, negara ini jatuh dalam jurang kemiskinan, ditambah lagi dengan adanya konflik antar etnis di negara tersebut.

2. Somalia

Masih di benua Afrika, kali ini Somalia yang menduduki posisi kedua sebagai negara tekorup di dunia. Menurut Laporan dari  Ganintegrity.com, menjelaskan bahwa pengadilan di Somalia memiliki potensi terbesar untuk korupsi karena tunduk pada intervensi politik dan banyak mengurusi permasalahan bisnis. Karena itulah, pengadilan menjadi tidak efektif.

BACA JUGA: Prediksi Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022: Misi Super Sulit The Indomitable Lions

Selain itu, praktik korupsi di Somalia tidak hanya terjadi di Pemerintahan Pusat saja, tetapi juga banyak terjadi di tingkat daerah.

3. Suriah

Negara yang terletak di Timur Tengah ini menduduki posisi ketiga sebagai negara terkorup di dunia. Di negara ini, tingkat penangkapan dan pemerasan penduduk begitu tinggi untuk dijadikan sumber pendanaan rezim pemerintah yang sedang berkuasa. Selain itu, negara ini juga sedang dilanda konflik yang ikut memperparah gejolak ekonomi.

Mengutip dari laman cnbcindonesia.com, tingkat inflasi di negara ini pada bulan agustus tahun 2021 kemarin mencapai 139,64%, sehingga membuat rakyat Suriah semakin sulit untuk membeli kebutuhan pokok.

4. Venezuela

Negara yang terletak di benua Amerika ini menyandang predikat sebagai negara terkorup keempat di dunia. Padahal negara ini memiliki cadangan minyak bumi yang begitu besar. Praktik korupsi yang utama di negara ini meliputi penggelapan dana publik, patronase, nepotisme, hingga penyuapan. 

5.  Korea Utara

Sebagai salah satu negara komunis dan tertutup ini ternyata memiliki tingkat korupsi yang tinggi. Hal itu dibuktikan dengan predikat negara terkorup kelima yang dimiliki oleh Korea Utara. Praktik korupsi yang terjadi di Korea Utara berasal dari tindakan suap yang dilakukan oleh pejabat penegak hukum di negara tersebut.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Berdasarkan laporan dari Transparency International Indonesia, bahwa tingkat korupsi di negara kita menududuki peringkat ke 96 dari 180 negara.

Semoga nantinya negara kita bisa terbebas dari semua praktik-praktik korupsi yang ada demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Semoga bermanfaat!

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak