5 Tips agar Makeup Tahan Lama saat Lebaran, Nggak Bakal Luntur

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips agar Makeup Tahan Lama saat Lebaran, Nggak Bakal Luntur
Ilustrasi Make Up (Pixabay/anncapictures)

Di momen lebaran nanti, tentu kita ingin penampilan yang maksimal baik dari segi busana maupun riasan. Terutama cewek-cewek nih, pasti pengen makeup-nya bisa tahan lama dari habis salat idul fitri sampai sore hari, kan?

Masalahnya, kadang-kadang makeup yang kita pakai ini bisa pudar atau bahkan luntur terkena panas dan keringat, sehingga semakin siang penampilan sudah nggak oke lagi.

Lantas, bagaimana cara membuat makeup agar tahan lama dan anti luntur? Yuk simak beberapa tips di bawah ini!

1. Siapkan Wajah

Pastikan wajah kamu sudah siap sebelum memakai makeup, artinya wajah sudah dibersihkan dan terhidrasi dengan baik. Pakai pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, bisa juga dengan mengompres wajah selama 5 menit menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup.

2. Pakai Base makeup yang Sesuai dengan Kulitmu

Produk base makeup yang bisa jadi pilihan di antaranya adalah foundation, bb cream, cushion, dan lain-lain. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, untuk kamu yang kulitnya berminyak bisa memakai bb cream atau cushion yang mana formulanya lebih ringan dari foundation.

3. Menggunakan Produk Waterproof

Salah satu cara agar makeup tahan lama dan tidak mudah luntur adalah menggunakan produk yang waterproof, ini mencegah pudarnya makeupjika terkena air atau keringat.

4. Kunci makeup

Mengunci makeup bisa kamu lakukan dengan menggunakan bedak, bisa berupa bedak tabur atau padat sesuai dengan kecocokan masing-masing orang.

Jangan lupa juga kenakan setting spray karena selain membuat makeup ter-setting sempurna di wajah, poduk ini juga berfungsi membuat makeup jadi tahan lama.

5. Aplikasikan makeup dengan Benar

Kunci makeup tahan lama lainnya adalah cara pemakaiannya yang benar. Setelah menggunakan satu produk, tunggu beberapa saat agar ter-setting di kulit, baru gunakan produk selanjutnya.

Oh ya, pakai bedak di akhir dengan cara di tap-tap bukan di geser, ya. Dengan begini makeup tidak akan mudah pudar, luntur, atau cakey.

Itulah 5 tips memakai makeup agar tahan lama saat hari raya Idul Fitri, selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hernawan

Tampilkan lebih banyak