alexametrics

Selain Berpuasa, Ini 7 Amalan Utama Selama Bulan Ramadan

Rendy Adrikni Sadikin
Selain Berpuasa, Ini 7 Amalan Utama Selama Bulan Ramadan
Ilustrasi Al Quran (Foto: shutterstock)

Dari Salat Tarawih, tadarus Alquran hingga berburu Lailatul Qadar.

Suara.com - Ramadan sebentar lagi. Di bulan tersebut, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa dan menahan segala hawa nafsu dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Seperti dikutip SUARA.com dari laman situs Muhammadiyah.or.id, Jumat (26/4/2019), tanggal 1 Ramadan 1440 Hijriah ditetapkan jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Di bulan yang penuh rahmat ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan. Memang, selain berpuasa, banyak amalan-amalan utama yang dianjurkan dikerjakan saat Ramadan.

Berikut 7 amalan-amalan utama selama bulan Ramadan seperti dikutip SUARA.com dari laman situs Universitas Muhammadiyah Sidoarjo:

1. Salat Tarawih

Ulama sepakat Salat Tarawih itu disyariatkan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim menghidupkan malam Ramadan dengan memperbanyak salat ini di sepanjang malam.

Dalam menunaikan Salat Tarawih, hendaklah dicontoh tata cara salat Nabi Muhammad SAW, baik mengenai jumlah rakaatnya maupun kualitasnya.

Nabi Muhammad menunaikan Salat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan cara-cara yang bervariasi: dengan cara jumlah rakaat 4+4+3. Boleh pula dengan cara 2+2+2+2+2+1.

Bukan cuma itu, salah satu keutamaan salat malam di bulan Ramadan yakni mendapatkan pengampunan dosa-dosa yang telah dikerjakan di masa lalu.

Tidak hanya buat pribadi, seorang kepala keluarga dianjurkan untuk membangunkan keluarganya, baik itu istri maupun anak, untuk bersama menunaikan ibadah mulia ini.

2. Tadarus Alquran

Komentar