alexametrics

Tak Mau Rumah Tanggamu Kandas? Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Riva Khodijah
Tak Mau Rumah Tanggamu Kandas? Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi Pasangan Menikah (freepik/wavebreakmedia-micro)

Keutuhan rumah tangga bukanlah perkara sepele. Supaya pernikahan bisa tetap langgeng, harus ada upaya-upaya dari kedua belah pihak supaya rumah tangga yang telah dibina selama ini bisa tetap harmonis.

Namun sayang, kebiasaan-kebiasaan yang terlihatnya sepele, ternyata tanpa sadar bisa merusak kebahagiaan rumah tanggamu. Dan jika tak segera diatasi, bisa berakhir di ujung tanduk. Untuk itu, yuk kita kenali apa saja kebiasaan buruk yang bisa membuat pernikahan jadi kandas.

1. Memprioritaskan gadget

Meski gadget punya banyak manfaat, tapi menggunakannya dengan tidak bijak justru akan berdampak buruk, pada hubungan pernikahan. Saat di rumah, bukannya digunakan untuk saling bercerita dengan pasangan atau keluarga, malah masing-masing sibuk dengan gadgetnya.

Inilah yang kemudian menyebabkan pasangan jadi merasa kesepian meski hidup dalam satu atap dan setiap hari selalu bertemu. Sudah tak ada lagi obrolan bersama, atau sekadar nonton TV bareng yang bisa menguatkan ikatan antara suami istri. Komunikasi tak lagi hangat. melainkan seperti bersama orang asing, padahal pasangan sendiri.

2. Cemburu berlebihan

Cemburu memang bisa jadi bumbu rumah tangga. Hal ini bisa bikin hati pasangan berbunga-bunga, karena tandanya kamu cinta sehingga tak rela jika pasangan kamu direbut orang lain.

Tapi cemburu yang porsinya berlebihan, sampai cemburu buta, yakni mencemburui pasangan tanpa ada alasan sama sekali, justru bisa meregangkan hubungan. Tandanya, kamu tak memercayai pasanganmu untuk bisa menjaga hatinya.

3. Menuntut terlalu banyak

Selalu menuntut dan mengkritik pasangan juga jadi salah satu resep ampuh kandasnya hubungan. Tak hanya membuat pasangan tertekan, tapi sering melakukan hal itu bisa membuat pasangan tak dihargai atas berbagai usaha pengorbanannya selama ini.

4. Mengekang pasangan

Masih banyak yang merasa bahwa memiliki pasangan, artinya menghabiskan tiap waktu bersamanya. Padahal, hidup ini tak sesempit itu. Ada banyak hal lain yang penting, selain hubungan cinta.

Hubungan yang sehat, seharusnya justru mendorong masing-masing individu untuk bisa menjadi versi terbaik dirinya, bukan malah mengekang atau mematikan impiannya.

5. Tidak menghormati pasangan

Bagaimana perasaanmu jika sudah bekerja dengan maksimal tapi tidak dihargai atasan? Tetap saja diremehkan dan diperlakukan seolah-olah kamu tak penting? Sakit hati, kan? Dan pastinya kamu jadi nggak kerasan kerja di perusahaan tersebut sehingga berniat pindah.

Itu pula yang terjadi ketika tak ada apresiasi sama sekali terhadap pasangan. Jangankan pujian, yang ada malah selalu mengeluh kurang. Jadi wajar saja, kalau akhirnya dia pun tak betah dalam menjalani biduk rumah tangga bersama dan ingin hengkang.

Nah, jika kamu dan dia serius ingin hubungan pernikahan bisa tahan lama dan selalu dipenuhi dengan cinta kasih, maka berusahalah untuk menghindari hal-hal yang telah dibahas tadi. Meski sulit, tapi mesti dilakukan demi mencegah kandasnya hubungan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak