alexametrics

Bukan Uang, Justru 5 Hal Ini Perlu Ada jika Kamu Ingin Hidup Sejahtera

Susanti
Bukan Uang, Justru 5 Hal Ini Perlu Ada jika Kamu Ingin Hidup Sejahtera
Ilustrasi Wanita. (pixabay.com/free-photos)

Apakah kamu sudah punya kelima hal ini? Tak heran hidupmu bahagia!

Suara.com - Berbicara tentang sejahtera, biasanya orang langsung berpikir pada uang atau kemapanan finansial. Tapi nyatanya, kita sering melihat orang yang dari segi materi kekurangan, tapi hidupnya bisa sejahtera, dalam artian sejahtera psikologis atau miliki kebahagiaan.

Itu menandakan, bahwa uang bukanlah faktor utama. Kelima hal inilah yang penting kamu miliki jika ingin bisa memperoleh hidup yang sejahtera. Apa saja?

1. Mampu menerima diri sendiri

Hal pertama yang penting agar kamu bisa hidup sejahtera, adalah kemampuanmu untuk bisa menerima diri sendiri. Inilah yang membuat ada banyak kita lihat orang yang kekurangan materi, tapi tetap merasakan bahagia. Mereka telah ikhlas dengan kondisi yang mereka alami dan mampu bersyukur dengan yang sedikit itu.

2. Memiliki tujuan hidup

Kebayang, kalau kamu jalan-jalan tapi nggak tahu mau ke mana. Akhirnya nggak jelas, kamu akan naik angkutan apa, tujuannya ke mana. Ujung-ujungnya nyasar dan buang-buang waktu saja.

Begitu pula dalam hidup. Kalau menyerahkan pada alur hidup atau istilah kerennya hidup seperti air mengalir, maka kamu akan terus-terusan jadi korban keadaan dan perubahan zaman. Karena ingat, air itu selalu menuju ke bawah.

3. Kepribadian yang selalu bertumbuh

Jika hal ini telah kamu miliki, kamu jadi  nggak stagnan dalam hidup. Hidupmu terus berkembang menjadi lebih baik. Karena dalam dirimu terdapat semangat untuk senantiasa belajar, meskipun kamu sudah ahli atau telah meraih kemapanan.

Kepribadian yang terus bertumbuh, membuatmu terhindar dari perilaku-perilaku menyimpang yang biasanya jadi pelampiasan orang-orang yang sudah mapan, tapi tak tahu lagi harus mengejar apa lagi.

4. Memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar

Kamu boleh saja kaya raya, tapi kalau perangaimu buruk, orang pun tak akan suka. Saat ini bisa saja kamu sombong merasa tak perlu bantuan orang. Tapi ketika sudah tak berdaya, baru terasa pentingnya menjalin hubungan baik dengan orang sekitar.

5. Kemandirian

Kemandirian inilah yang menghalangimu meminta-minta meski kekurangan. Kemandirian ini jugalah yang membuatmu bekerja keras untuk memperbaiki situasi hidupmu.

Kamu lebih senang peras keringat, berpayah-payah, demi memenuhi kebutuhan, daripada bergantung pada uluran tangan orang lain. Semangatmu untuk mandiri, yang bisa mengubah keadaanmu dari yang semula kekurangan menjadi berkecukupan, bahkan bisa memberi manfaat bagi orang-orang sekitar.

Dari uraian di atas, kita jadi sadar. Bahwa uang memang penting, tapi kalau tak ada kelima hal di atas, maka uang banyak pun tak membuat seseorang jadi merasa sejahtera atau bahagia. Yang ada, berubah jadi pribadi yang serakah karena merasa selalu kurang. Setuju?